ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS STUDI KASUS KOTA MALANG

Ryamizard, Mochammad Iqbal (2021) ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS STUDI KASUS KOTA MALANG. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Tugas Akhir M Iqbal R 03111640000057.pdf]
Preview
Text
Tugas Akhir M Iqbal R 03111640000057.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah pertumbuhan ekonomi saat ini, mengakibatkan jumlah pemakaian kendaraan bermotor meningkat. Hal ini mengakibatkan semakin meningkatnya jumlah angka kecelakaan. Kota Malang juga termasuk kota dengan angka kecelakaan yang cukup tinggi. Berdasarkan laporan dari Polresta Kota Malang terdapat 356 kejadian kecelakaan dengan 83 korban meninggal dunia dan 427 korban luka ringan pada tahun 2016. Meskipun jumlah kejadian kecelakaan mengalami penurunan pada tahun 2017 namun jumlah ini masih terbilang besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk mengurangi angka kecelakaan pada kota Malang.
Analisis kecelakaan lalu lintas pada tugas akhir ini dianalisis dengan menghtung angka kecelakaan, menghitung accident rate, menghitung besaran biaya akibat kecelakaan, dan menggambarkan peta Collision Diagram dan Blackspot dari tahun 2016 - 2019. Angka kecelakaan ditinjau dari tingkat kecelakaan dan korban kecelakaan, kemudian dianalisis dengan metode Accident rate. Setelah didapatkan hasildari analisis tersebut, dilakukan analisis untuk mencari lokasi Blacksite dengan metode Z-Score dan menentukan titik blackspot dengan metode Cusum, yang kemudian bisa digunakan untuk menggambarkan peta Blackspot dan Collision Diagram. Dalam menganalisis besaran biaya korban kecelakaan dilakukan dengan metode The Gross Output (Human Capital).
Hasil Analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan antara faktor jam terjadinya kecelakaan dan jenis kendaraan terhadap jumlah kejadian kecelakaan. Analisis ini dilakukan dengan metode One Way ANNOVA melalui program IBM SPSS 25. Didapatkan bahwa pada dini hari yaitu di jam 00.01-06.00 merupakan waktu yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas dan kendaraan sepeda motor merupakan kendaraan yang paling sering mengalami kejadian kecelakaan lalu lintas. Nilai accident rate tertinggi sebesar 111.33/100 JPKP untuk korban luka ringan, 1.69/100 JPKP untuk korban luka berat dan 47.71/100 JPKP untuk korban meninggal dunia. Untuk analisis blacksite diketahui ada 13 ruas jalan yang menjadi daerah rawan kecelakaan. Melalui metode The Gross Output (Human Capital) diperoleh besaran biaya korban kecelakaan selama tahun 2016 - 2019 adalah RP 49,714,548,236. Hasil analisis dari biaya korban kecelakaan dapat digunakan sebagai acuan kepada dinas perhubungan setempat agar mengupayakan dalam mengurangi jumlah kecelakaan dengan melakukan perbaikan pada jalan maupun fasilitas jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. IQBAL RYAMIZARD
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:58
Last Modified: 01 Mar 2021 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83012

Actions (login required)

View Item View Item