Simulasi Mengemudi Pada Jalan Tol Terkait Tingkat Kantuk Pengemudi Dengan Agent-Based Modelling

Ritonga, Nisrina Hasna (2021) Simulasi Mengemudi Pada Jalan Tol Terkait Tingkat Kantuk Pengemudi Dengan Agent-Based Modelling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000050-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000050-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian tertinggi kedelapan untuk semua umur, dengan sekitar 1,35 juta jiwa meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka korban jiwa tertinggi akibat kecelakaan lalu lintas, dengan 98,419 kecelakaan pada tahun 2017. Menurut Kepolisian Republik Indonesia, penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah human error dengan persentase mencapai 61%. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling signifikan adalah kantuk. PT. Jasamarga menyatakan bahwa 30% kecelakaan pada Jalan Tol Ngawi-Kertosono disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah pertambahan korban kecelakaan akibat pengemudi yang mengantuk, terutama pada Jalan Tol Surabaya-Ngawi, dengan cara mengidentifikasi faktor penyebab kantuk dan mensimulasikannya menggunakan pendekatan Agent-based modeling and simulation. Data yang dibutuhkan untuk melakukan simulasi dikumpulkan melalui survei dan riset terdahulu, setelah dilakukan pengumpulan data, model konseptual dibuat. Model komputer dibuat menggunakan software AnyLogic mengikuti model konseptual yang telah dibuat dan menggunakan data yang telah dikumpulkan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa 29% pengemudi memiliki risiko mengalami kecelakaan akibat mengemudi dalam kondisi mengantuk. Sekitar 83% pengemudi mulai mengalami kantuk setelah mengemudi sekitar 60 menit. Dua skenario disimulasikan untuk memberikan alternatif tindakan pencegahan. Skenario pertama yaitu mengemudi dengan ditemani pendamping, hasil menunjukkan penurunan risiko kecelakaan menjadi 19%. Skenario kedua yaitu mengkonsumsi minuman berkafein sebelum mengemudi, hasil menunjukkan terjadi penurunan risiko kecelakaan menjadi 17%.
===================================================================================================
Traffic accident is the eighth-leading cause of death for all ages, with around 1.35 million people worldwide dying each year due to traffic accidents. Indonesia is among those countries with high mortality rate in traffic accidents, with 98,419 traffic accidents occurring in 2017. According to Kepolisian Republik Indonesia, the largest cause of traffic accidents is due to human error (human factor) which accounts for 61% of cases. Drowsiness is one of the most significant factors that lead to traffic accidents. PT. Jasamarga stated around 30% of highway accidents (Ngawi-Kertosono) were caused by the drowsiness of the driver. This research aims to prevent further casualties caused by drowsy driving especially in Surabaya-Ngawi highway route by identifying drowsiness factors and simulating it using an Agent-Based Modeling and Simulation approach. The data needed for the simulation were collected through surveys and related research that has been done previously, after data collection the conceptual model for simulation is created. The computer model created using AnyLogic software following the conceptual model that has been created and using the collected data as the input. The result from initial simulation shows 29% drivers are in risk of having an accident due to driving in a drowsy state. Around 83% drivers starting to feel drowsy after driving for 60 minutes. Two scenarios are simulated to give alternatives of preventive measure. The first scenario is driving with the presence of companion, the result shows decrease of drivers in risk of having an accident into 19%. The second scenario is taking caffeinated drink before driving, the result shows the decrease of drivers in risk of having an accident into 17%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agent-Based Modeling and Simulation, AnyLogic, Kantuk, Kecelakaan lalu lintas, Tol Surabaya-Ngawi, Agent-Based Modeling and Simulation, AnyLogic, Drowsiness, Surabaya-Ngawi Highway, Traffic Accident.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nisrina Hasna Ritonga
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:46
Last Modified: 04 Dec 2024 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83069

Actions (login required)

View Item View Item