Neuroarchitecture : Sekolah Sebagai Lingkungan Pembentuk Perilaku Anak

Putri, Danty Nafisa Mentari (2021) Neuroarchitecture : Sekolah Sebagai Lingkungan Pembentuk Perilaku Anak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111640000041-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111640000041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini banyak hasil penelitian tentang peran ilmu saraf telah terbukti memiliki pengaruh besar pada dunia arsitektur, istilah ini dikenal sebagai "Neuroarchitecture". Mulai dari menganalisis definisi ilmu saraf hingga mengenali informasi dan pengetahuan apa yang ada di balik otak manusia. Implementasi dari kolaborasi antara bidang neurosains, psikologi, dan arsitektur pada suatu lingkungan atau atmosfer memiliki dampak penting terutama pada aspek perilaku dan mental penggunanya. Manusia menjalani hidup dipenuhi dengan persepsi, bagaimana mengartikan sebuah lingkungan. Apa yang manusia pelajari dan kenang dari sebuah lingkungan dapat mempengaruhi perilaku dan akal sehat. Saat mempelajari sesuatu, semua yang manusia pikir dan rasa dibentuk oleh otak dan sistem saraf, lalu akan disimpan dalam ingatan sehingga tercipta persepsi. Hasil riset penelitian ilmuwan neurosains menyebutkan bahwa lingkungan yang ada di sekitar manusia merupakan peran utama dari teciptanya persepsi yang ditangkap oleh manusia serta mempengaruhi langsung terhadap perilakunya. Dengan menciptakan lingkungan stimulus yang membuat indera dan otak pengguna terangsang sehingga membuat pengguna menganalisa dan mengobservasi apa yang ada di sekitarnya, lalu disimpan pada memori otak. Untuk mengaplikasikan teori hasil riset tersebut, maka akan didesain sebuah objek rancang sekolah dengan target pengguna yaitu anak-anak. Dengan menerapkan lingkungan pembelajaran yang memiliki peran besar dalam perkembangan dan pertumbuhan otak anak-anak. Lingkungan stimulus yang secara konstan menstimulasi otak dan interaktif dengan pengguna akan mempengaruhi keseimbangan otak sehingga diharapkan menimbulkan respon dalam pembentukan persepsi dan perilaku yang diinginkan.
====================================================================================================
At present many research results on the role of neuroscience have been proven to have a major influence on the world of architecture, this term is known as "Neuroarchitecture". From analyzing the definition of neuroscience to recognizing what information and knowledge are behind the human brain. The implementation of collaboration between the fields of neuroscience, psychology, and architecture in an environment or atmosphere has an important impact especially on the behavioral and mental aspects of its users. Humans live a life filled with perception, how to interpret an environment. What humans learn and remember from an environment can influence their behavior and common sense. When learning something, everything that humans think and feel is formed by the nervous system and brain, then it will be stored in memory so as to create perception. The research results of neuroscience scientists say that the environment around humans is a major role of the perception created by humans and directly influences their behavior. By creating a stimulating environment that stimulates the user's senses and brain so that the user analyzes and observes what is around them, then stores it in the brain's memory. To apply the theory of the research results, an object which is a school will be designed with the target user is children. By implementing a stimulus learning environment that has a large role in the development and growth of children's brains. The learning environment that is constantly stimulating the brain and interactively with the user will affect the balance of the brain so that it is expected to create a response in the formation of perception and desired behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: neurosains, persepsi, perilaku, lingkungan stimulus, respon, neuroscience, perception, behavior, stimulus environment, response
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Danty Nafisa Mentari Putri
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:56
Last Modified: 02 Mar 2021 02:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83091

Actions (login required)

View Item View Item