Perancangan Strategi Industri Rumahan FMCG Dengan Basis Pasar Di Kab. Banggai, Sulawesi Tengah

Abdullah, Indah Fitriyani (2021) Perancangan Strategi Industri Rumahan FMCG Dengan Basis Pasar Di Kab. Banggai, Sulawesi Tengah. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850016005_Master_Thesis.pdf] Text
09211850016005_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pusat perindustrian di Indonesia pada dasarnya terletak di tanah Jawa, beberapa diantaranya adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bekasi, dan beberapa daerah lainnya di Jawa. Industri akan sangat jarang di temukan didaerah-daerah seperti Sulawesi. Glenz Indonesia merupakan salah satu home industry yang bergerak dalam industri sabun cair di Daerah Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Latar belakang perusahaan ini mendirikan perusahaan di Daerah adalah untuk menghindari red ocean yang ada di pulau Jawa. Tantangan terbesar terhadap perusahaan yang baru saja berdiri dalam kurun waktu kurang dari satu tahun adalah tidak adanya strategi bisnis sehingga terkadang pada saat menjalankan bisnis tidak ada arah yang jelas dan rendahnya brand awareness yang berdampak terhadap kuantitas penjualan atau minat beli.
Adapun permasalahan yang dimiliki oleh industri rumahan Glenz adalah penurunan tingkat pembelian sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat guna agar industri rumahan Glenz dapat bertahan dan mampu bersaing di pasar. Thesis ini akan mengangkat perumusan visi dan misi perusahaam dan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan pendekatan teoritis yaitu STP (segmenting, targeting, positioning), marketing mix 4P (product, place, price, promotion), dan analisa SWOT dan AHP terhadap dampaknya pada industri rumahan baru yang bergerak di bidang fast moving customer goods dengan pusat bisnis di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. Adapun hasil yang didapati adalah Strategi pemasaran berdasarkan terpilih melalui analisa SWOT-AHP dapat dilakukan adalah persiapan dana untuk cetak kemasan yang kemudian disusul dengan melakukan canvassing ke daerah-daerah yang belum terjamah. Adapun strategi tersebut masing-masing merupakan strategi dalam matriks ST dan SO.
===================================================================================================
Industrial centers in Indonesia are basically located in Java, some of which are Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bekasi, and several other areas in Java. Industry will be very rarely found in areas like Sulawesi. Glenz Indonesia is one of the home industries engaged in the liquid soap home industry in the Luwuk area, Banggai Regency, Central Sulawesi. The background of this company in establishing a company in the regions is to avoid the red ocean in Java. The biggest challenge for a company that has just been established in less than a year is the absence of a business strategy so that sometimes when running a business there is no clear direction and low brand awareness which has an impact on the quantity of sales or buying interest.
appropriate marketing strategy is needed in order for company to survive and compete in the market. This thesis will raise the formulation of the company's vision and mission and the right marketing strategy using a theoretical approach, namely STP (segmenting, targeting, positioning),marketing mix 4P(product, place, price, promotion), and SWOT and AHP analysis on the impact on the industry. a new house that is engaged in fast moving customer goods with a business center in Luwuk City, Banggai Regency. The results found are that the marketing strategy based on being selected through the SWOT-AHP analysis can be carried out, namely the preparation of funds for packaging printing which is then followed by canvassingunreached toareas. Each of these strategies is a strategy in the ST and SO matrix.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: visi, misi, strategi pemasaran, SWOT-AHP, home-industry, Luwuk - Sulawesi Tengah vision, mission, marketing strategy, SWOT-AHP, home-industry
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: indah fitriyani abdullah
Date Deposited: 02 Mar 2021 07:31
Last Modified: 02 Mar 2021 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83175

Actions (login required)

View Item View Item