Analisis Perencanaan Infrastruktur Penyeberangan Sungai: Studi Kasus Tambangan Megaluh, Sungai Brantas – Jombang

Prilasari, Nesia Amelia (2021) Analisis Perencanaan Infrastruktur Penyeberangan Sungai: Studi Kasus Tambangan Megaluh, Sungai Brantas – Jombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411540000018_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411540000018_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tambangan Megaluh hadir sebagai alternatif dari jalur transportasi dengan memanfaatkan kondisi geografis sungai dibandingkan akses melalui jembatan yang memiliki jarak dan waktu tempuh yang lebih lama. Namun moda transportasi perahu tambangan yang tersedia belum beroperasi secara optimal dan belum memenuhi standar keselamatan sesuai dengan regulasi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi berupa desain konseptual moda yang paling efektif dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat di MegaluhJatikalen. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan di lokasi tambangan dan wawancara dengan stakeholder terkait serta data sekunder dari berbagai literatur. Dari hasil pengamatan diketahui jumlah pengguna mengalami peningkatan rata-rata sebesar 12% dari kondisi normal. Sedangkan pada saat kondisi pesimis, jumlah penumpang akan mengalami penurunan sebesar 40% dari kondisi normal. Metode yang digunakan dalam perhitungan adalah metode optimasi untuk mendapatkan ukuran kapal optimal dengan memperhatikan total biaya minimum. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan ukuran utama kapal sebagai berikut, Lpp sebesar 25.74 m, lebar kapal 7.97 m, tinggi kapal 1.82 m, sarat kapal 0.51 m dengan biaya satuan sebesar Rp. 1.3 per ton.m. Sehingga jika dibandingkan dengan biaya satuan jembatan sebesar Rp. 264.25 per ton.m maka pengoperasian moda transportasi kapal jauh lebih murah.
=====================================================================================================
This study aims to show the advantages of alternative river transportation, Tambangan Megaluh, compared to regular bridge in Brantas River - Jombang. Tambangan Megaluh operates by using the river's geography to lessen the distance and time than using regular bridge. However, Tambangan Megaluh has some flaws that need to improve such as optimization of the boat and safety standards in accordance with existing regulations. Thus the objective of this study is to offer an effective conceptual design to answer the needs of Megaluh-Jatikalen people. The data collected by observing Tambangan Megaluh location, interviewing the stakeholders, and secondary data from various literatures. The result of the observation shows that the number of passengers increased by an average of 12% from normal circumstances. Meanwhile in bad weather, the number of passengers will decrease by 40% from normal circumstances. The method used in the calculation is the optimization method to get the optimal size of the boat by considering the minimum total cost. From the result of the calculation shows that the main size of the boat is; Lpp 25.74 m, breadth 7.97 m, height 1.82 m, draught 0.51 m with unit cost Rp. 1.3 per ton.m. Thus compared to the unit cost of the bridges Rp. 264.25 per ton.m, boat transportation is much cheaper than bridge construction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perahu Tambangan, Transportasi Sungai, Optimasi, Biaya Satuan Tambangan Boat, River Transportation, Optimization, Unit Cost
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nesia Amelia Prilasari
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:56
Last Modified: 05 Dec 2024 06:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83280

Actions (login required)

View Item View Item