Desain Kapal Multipurpose Pengangkut Hasil Perikanan Hidup dan Segar Rute Batam - Singapura

Bintang, Ghozi Ghiffari (2021) Desain Kapal Multipurpose Pengangkut Hasil Perikanan Hidup dan Segar Rute Batam - Singapura. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111740000018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111740000018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Kota Batam memiliki potensi bahari yang sangat besar. Hal ini dikarenakan Kota Batam
memiliki wilayah perairan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratannya. Salah
satu potensi bahari yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat adalah
bidang perikanan. Hasil produksi perikanan Kota Batam berpotensi untuk diekspor ke luar
negeri terutama ke negara tetangga terdekat yaitu Singapura. Saat ini, terdapat satu unit kapal
pengangkut ikan yang beroperasi di Pelabuhan Sagulung guna mendistribusikan hasil produksi
perikanan menuju Singapura. Potensi ekspor hasil perikanan Kota Batam dinilai sangat strategis
dikarenakan hasil perikanan Kota Batam dari tahun ke tahun mengalami peningkatan serta
tingkat konsumsi per kapita warga negara Singapura terhadap makanan laut yang sangat tinggi.
Ekspor hasil perikanan tidak hanya didistribusikan dengan cara didinginkan menggunakan es
namun juga dapat diangkut secara hidup. Hal itu dikarenakan ada beberapa komoditas yang
kualitasnya akan berkurang apabila didinginkan menggunakan es seperti kepiting, udang dan
lobster. Dengan meningkatnya hasil produksi perikanan Kota Batam yang tidak diimbangi
dengan ketersediaan kapal pengangkut yang ada, maka pada Tugas Akhir ini akan melakukan
desain kapal multripurpose pengangkut hasil perikanan hidup dan segar rute Batam - Singapura
sebagai moda transportasi pengangkut ekspor hasil perikanan Kota Batam. Payload yang
digunakan pada Tugas Akhir ini merupakan jumlah antara komoditas hidup dan komoditas
segar dengan jumlah 28,881 ton. Ukuran utama awal kapal ditentukan dengan menggunakan
metode Geosim Procedure. Kemudian dilakukan perhitungan teknis yang meliputi koefisien
bentuk lambung, hambatan, berat dan titik berat kapal, freeboard, trim, dan stabilitas kapal
dimana semua perhitungan teknis memenuhi standar dan peraturan yang berlaku. Hasil ukuran
utama pada Tugas Akhir ini adalah Loa = 20 m, B = 5,6 m, H = 2,8 m, T = 1,45 m dengan
kecepatan 8 knot. Estimasi biaya pembangunan kapal multiporpose ini sebesar Rp.
2.938.025.701,99.
========================================================================================================
Batam City has enormous maritime potential. This is because Batam City has a large water area
compared to its land area. One of the marine potentials that is able drive the economy of local
society is fishery sector. Fishery products produced by Batam City are exported abroad,
especially to the closest neighboring country, it is Singapore. Currently, there is a unit of fish
transporting vessels operating at the Port of Sagulung to produce fishery products to Singapore.
The export potential of Batam City’s fishery products is very strategic because Batam City’s
fishery products have increased from year to year and the level of consumption per capita of
Singaporean citizens for seafood is very high. Export of fishery products are not only distributed
by refrigeration using ice, but also could be transported live. This is because there is several
commodities whose quality will decrease when refrigerated using ice, for instance crap, shrimp
and lobster. The increasing of fishery products in Batam City is not matched by the availability
of existing trasporting fishing vessel. So, this Final Project will design a multipurpose vessel to
transport live and fresh fishery products from Batam to Singapore for export transportation of
Batam fishery products. The payload calculation used in this final project is the amount of live
commodities and fresh commodities with total of 28,881 tons. The initial main size of the ship
is determined using the geosim procedure method. Then, the technical calculations are carried
out including the hull shape coefficient, resistance calculation, weight and center of gravity of
the ship, freeboard, trim and ship stability where all technical calculation comply with
applicable standards and regulations.. The main dimension of the ship in this Final Project are
Loa = 20 m, B = 5,6 m, H = 2,8 m, T = 1,45 m with a speed of 8 knots. The estimated cost of
building this multipurpose vessel is Rp. 2.938.025.701,99.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Perikanan, Kota Batam, Ekspor, Singapura
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ghozi Ghiffari Bintang
Date Deposited: 04 Mar 2021 23:24
Last Modified: 04 Mar 2021 23:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83467

Actions (login required)

View Item View Item