Putri, Resistania Anggita (2021) PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN KONSEP TRUST-AWARE PROCESS DESIGN PADA LAYANAN ALINA CARE UNTUK MENGATASI MASALAH KEPERCAYAAN PENGGUNA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211740000084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi yang pesat berbanding lurus dengan perkembangan industri digital yang ditandai dengan munculnya banyak perusahaan atau rintisan bisnis digital dan besarnya kontribusi perekonomian digital yang melebihi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu bisnis digital yang sedang berkembang yaitu pada bidang kesehatan atau telekesahatan. Alinamed merupakan bisnis digital pada bidang kesehatan. Layanan yang ada pada Alinamed salah satunya adalah Alina Care. Alina Care merupakan layanan kesehatan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pemanggilan dokter ke rumah
Permasalahan: Permasalahan dari tugas akhir ini adalah pengguna Alinamed saat ini hanya 2000 pengguna yang berarti cukup sedikit. Salah satu tantangan yang dihadapi Alinamed adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dokter dari Alinamed. Deloitte Indonesia dan beberapa aplikasi kesehatan yang sudah berkembang mengatakan pengguna aplikasi kesehatan yang sedikit ini karena rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap aplikasi kesehatan
Tujuan: Tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi trust concern dari pelanggan Alina Care untuk diterjemahkan ke dalam trustworthiness requirement, memodelkan proses bisnis layanan Alina Care dengan mengimplementasikan trustworthiness element dan memberikan beberapa rekomendasi untuk mengatasi masalah kepercayaan pelanggan
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah penggambaran kepercayaan melalui pendekatan Business Process Management (BPM) dimana dalam menentukan masalah kepercayaan dilakukan dengan menggunakan pola identifikasi masalah kepercayaan yang akan disimpulkan menjadi tujuan kepercayaan. Lalu menganalisis kebutuhan kepercayaan dengan menggunakan pola identifikasi kebutuhan kepercayaan yang selanjutkan akan dimodelkan dengan notasi elemen kepercayaan. Metode tersebut mengacu pada paper oleh Mohammadi et al (2017). Untuk analisis rekomendasi yang akan diberikan mengacu pada paper oleh Michael Rosemann (2019) dengan beberapa tahapan pemodelan proses bisnis terpercaya yaitu mengurangi ketidakpastian, mengurangi kerentanan dan membangun keyakinan.
Hasil: Trustworthiness goal yang menjadi perhatian pengguna adalah performance, reliability, compliance, dan usability. Rekomendasi yang diberikan untuk menangani masalah kepercayaan adalah dengan mengurangi kerentanan proses untuk aspek performance yaitu menambahkan performa balasan chat dari, memberikan layanan gratis pada pesanan berikutnya berbentuk voucher jika dokter terlambat dan fitur rekomendasi dokter yang paling dekat dengan lokasi pasien. Mengurangi variasi pada ketidakpastian operasional untuk aspek reliability yaitu bekerjasama dengan lebih banyak klinik untuk mendapatkan banyak dokter terutama pada jadwal yang belum tersedia dan ditampilkan pada aplikasi Alina Care untuk jaminan ketersediaan dokter setiap saat. Mengurangi variasi pada ketidakpastian perilaku untuk aspek compliance yaitu menambahkan fitur pemberian tips untuk rating dengan bintang lima dan memperkenalkan pada dokter dan mengedukasi dokter untuk mematuhi SOP. Selain itu menambahkan fitur cek nomor SIP dan STR dokter yang tersambung dengan laman web resmi. Meningkatkan visibilitas untuk aspek usability yaitu penambahan fitur rekaman dan pemutaran ulang pada layanan telemedis agar pasien dapat memahami lagi hasil konsultasinya, dan fitur track dan notifikasi untuk pasien pada setiap tahapan yang dilakukan dokter.
=========================================================
Background: The rapid development of technology is directly proportional to the development of the digital industry, which is marked by the emergence of many digital business startups or companies and the large contribution of the digital economy that exceeds economic growth in Indonesia. One of the growing digital businesses is in the health or medical sector. Alinamed is a digital business in the health sector. One of the services available at Alinamed is Alina Care. Alina Care is a health service that allows users to call doctors home
Problems: The problem with this final project is that Alinamed's current users are only 2000 users, which means quite a few. One of the challenges Alinamed faces is increasing public trust in the quality of Alinamed's doctors. Deloitte Indonesia and several developed health applications said that these few health application users were due to the low level of public trust in health applications
Purpose: This final project aims to identify the trust concerns of Alina Care end-user to translate into trustworthiness requirements, modeling Alina Care service business processes by implementing trustworthiness elements and provide several recommendations to solve customer trust problems.
Method: This research uses qualitative research with a case study approach. The method used in this final project is the depiction of trust through the Business Process Management (BPM) approach where determining trust problems is carried out using a pattern of identification of trust problems which will be concluded as the goal of trust. Then analyze the need for trust using a pattern of identification of trust needs which will then be modeled with the element of trust notation. This method refers to a paper by Mohammadi et al (2017). For the analysis of the recommendations that will be given, refer to the paper by Michael Rosemann (2019) with several stages of reliable business process modeling, namely reducing uncertainty, reducing vulnerability and building confidence.
Results: Trustworthiness goals that concern users are performance, reliability, compliance, and usability. Recommendations given to deal with trust issues are to reduce the vulnerability of the process to the performance aspect, namely adding the performance of the chat reply from, providing free services on the next order in the form of a voucher if the doctor is late and the doctor's recommendation feature that is closest to the patient's location. Reducing variations in operational uncertainty for the aspect of reliability, namely collaborating with more clinics to find more doctors, especially on schedules that are not yet available and displayed on the Alina Care application to always guarantee the availability of doctors. Reducing variation in behavioral uncertainty for compliance aspects, namely adding a five-star rating feature giving tips and introducing doctors and educating doctors to comply with SOPs. In addition, it adds a check feature for doctors' SIP and STR numbers which is connected to the official website. Increase visibility for the usability aspect, namely the addition of recording and playback features to telemedicine services so that patients can understand the results of their consultation again, and track and notification features for patients at each stage carried out by doctors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | trustworthiness, pemodelan proses bisnis, manajemen proses bisnis, trustworthiness, business process modeling, business process management |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1393.25 Business enterprises |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Resistania Anggita Putri |
Date Deposited: | 06 Mar 2021 06:14 |
Last Modified: | 06 Mar 2021 06:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/83574 |
Actions (login required)
View Item |