Mochammad Arsy Rofi, Erizkika (2021) Analisis Konten Berbasis Frekuensi dan Asosiasi pada Objek Wisata Kota Surabaya Sebagai Masukan untuk Pengembangan Pariwisata. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211740000035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2023. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ulasan adalah salah satu cara untuk menyampaikan rekomendasi dan dapat bernilai positif atau negatif. Agar wisatawan yang berkunjung meninggalkan ulasan yang positif maka perlu memenuhi ekspektasi wisatawan tersebut. Pada era teknologi ini, ulasan dapat dibuat dengan mudah dan tersebar luas di internet. Tak hanya itu, bentuk ulasan juga bermacam-macam. Artikel pada sebuah website yang menyinggung suatu objek wisata juga dapat dikategorikan sebagai ulasan. Contoh lain yaitu pengguna biasanya diminta untuk memberikan ulasan setelah selesai berkunjung ke suatu tempat. Dalam upaya untuk memenuhi ekspektasi wisatawan, maka pihak pengelola objek wisata perlu untuk mengetahui ekspektasi wisatawan terhadap objek wisata. Salah satu cara mengetahui hal tersebut yaitu mencari kata kunci serta opini saat ini terhadap objek wisata. Namun, belum tersedia akses yang mudah untuk mengetahui ringkasan opini bagi pengelola objek wisata.
Dengan kebutuhan akan informasi serta banyaknya sumber yang menyediakan informasi yang dibutuhkan, terdapat peluang untuk menambang dan mengolah data tersebut untuk pengelola objek wisata. Salah satu sumber yang dapat ditambang yaitu artikel. Dengan menggunakan mesin pencarian, seorang pengguna dapat menemukan artikel apapun dengan kata kunci yang tepat. Sumber lain yang dapat ditambang yaitu ulasan pengunjung. Dengan banyaknya pengguna, maka potensi jumlah ulasan yang bisa didapatkan sangat besar.
Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah artefak program penambangan data yang digunakan selama penelitian untuk menambah kedua sumber data. Dua program dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik tiap sumber data dengan mengutamakan efektifitas. Kemudian data yang ditambang akan melalui proses pembersihan sebelum akhirnya digunakan untuk membuat frekuensi kata menggunakan word cloud serta membuat asosiasi kata. Hasil analisa frekuensi kata serta asosiasi kata menunjukkan bahwa hanya data yang ditambang dari ulasan pengunjung yang mampu menampilkan opini populer serta menghasilkan kata kunci baru yang spesifik untuk suatu objek wisata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penambangan data, corpus, frekuensi kata, word cloud, asosiasi kata, data mining, corpus, word frequency, word cloud, word association |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Erizkika Mochammad Arsy Rofi |
Date Deposited: | 06 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2021 02:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/83588 |
Actions (login required)
View Item |