ARAHAN PENGEMBANGAN AGROWISATA JAMBU KRISTAL DI DESA PADANG KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO

Saharnika, Abby (2021) ARAHAN PENGEMBANGAN AGROWISATA JAMBU KRISTAL DI DESA PADANG KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 08211640000071_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08211640000071_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan agrowisata jambu kristal di Desa Padang sudah dimulai sejak 2015. Desa Padang memiliki sumber daya lokal yang mendukung pengembangan agrowisata seperti lokasinya yang berada pada kawasan pariwisata Bojonegoro, lokasi agrowisata yang tidak jauh dari sungai dan memiliki tanah yang cocok dijadikan sebagai area pertanian, keindahan alam pedesaan berupa hamparan kebun jambu kristal, serta mayoritas penduduk yang bekerja pada bidang pertanian. Namun dalam pengembangannya masih memerlukan perhatian lebih dari pengelola dan pemerintah khususnya dalam pemenuhan fasilitas wisata. Fasilitas yang tersedia hanya terdapat 1 gazebo dan toilet, serta tempat parkir untuk sepeda motor. Kondisi jalan pada lokasi agrowisata juga harus dikembangkan. Jumlah kunjungan wisata mengalami penurunan pada masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan penghasilan masyarakat. Untuk itu perlu adanya penelitian terkait pengembangan agrowisata jambu kristal di Desa Padang. Tujuan penelitian ini adalah menentukan arahan pengembangan agrowisata jambu kristal di Desa Padang Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro berdasarkan faktor yang berpengaruh.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan melalui 3 tahap analisis. Tahap pertama yaitu menentuka faktor yang berpengaruh dalam pengembangan agrowisata jambu kristal dengan menggunakan metode analisis delphi. Tahap kedua yaitu mengidentifikasi karakteristik faktor yang konsensus dalam pengembangan agrowisata jambu kristal dengan metode analisis deskriptif. Dan tahap ketiga yaitu menentukan arahan pengembangan jambu kristal dengan metode analisis triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 8 faktor yang berpengaruh yaitu daya tarik wisata, fasilitas, prasarana, transportasi dan aksesibilitas, kelembagaan, partisipasi masyarakat, promosi, serta konsep CHSE dengan 23 variabel. Selain itu terdapat 30 arahan pengembangan agrowisata jambu kristal yang sudah dirumuskan. Arahan pengembangan agrowisata jambu kristal yang dirumuskan terdiri dari perbaikan dan peningkatan daya tarik wisata, penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM dan pengelolaan, serta penerapan protokol kesehatan.
Kata Kunci : Agrowisata, Jambu Kristal, Desa Padang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agrowisata, Jambu Kristal, Desa Padang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abby Saharnika
Date Deposited: 05 Mar 2021 22:43
Last Modified: 05 Mar 2021 22:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83643

Actions (login required)

View Item View Item