Analisis Teknis dan Ekonomis Metode Reparasi Kapal Laminasi Bilah Bambu

Laksana, Gede Ega Satya (2021) Analisis Teknis dan Ekonomis Metode Reparasi Kapal Laminasi Bilah Bambu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000088_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111640000088_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Kapal laminasi bilah bambu saat ini masih dalam proses pengembangan untuk di aplikasikan pada industry kecil dan dan menengah, selain itu kapal laminasi bilah bambu untuk saat ini sudah mulai dilakukan pemassaran dan nantinya akan banyak kapal laminasi bilah bambu yang beroperasi, baik kapal ikan, kapal wisata, maupun kapal penyebrangan. Semakin banyakNya kapal laminasi bilah bambu yang beroperasi maka semakin besar juga kemungkinan kapal laminasi bilah bambu mengalami kerusakan. Kerusakan yang kemungkinan terjadi pada kapal laminasi bilah bambu adalah kerusakan lubang, kerusakan sobek searah serat, dan kerusakan sobek melintang serat. Proses reparasi secara permanen pada kapal laminasi bilah bambu dilakukan dengan menggunakan metode carvel dengan sistem tangga (carvel method of ladder system). Pengujian dilakukan dengan menganalisis teknis dan ekonomis material uji yang sudah dilakukan reparasi dengan menggunakan carvel method of ladder system. Analisis teknis dilakukan dengan uji kekuatan tarik sesuai standar ASTM D 3500 dengan ketebalan spesimen 20 mm, 22 mm, 24 mm, dan uji kekuatan tekuk sesuai standar ASTM D 3043. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai kuat tarik spesimen dengan kerusakan lubang adalah sebesar 52,89 MPa, 53,86 MPa, dan 51,64 MPa, nilai kuat tarik spesimen dengan kerusakan sobek melintang serat sebesar 88.33 MPa, 66,49 MPa, 82.19 MPa, dan spesimen dengan kerusakan sobek searah serat sebesar 79,03 MPa, 69,76 MPa, dan 80,27 MPa. Nilai kuat tekuk sebesar 80,758 MPa untuk kerusakan lubang, 82,385 MPa untuk kerusakan sobek melintang serat, dan 81,394 MPa untuk kerusakan sobek searah serat. Nilai kuat tarik dan kuat tekuk spesimen dengan perlakuan proses reparasi memenuhi tegangan ijin BKI (Vol) VII 2013 yang sebesar 42,169 MPa untuk kuat tarik dan 71,094 MPa untuk kuat tekuk. Biaya reparasi perlapisan yang diperlukan untuk melakukan reparasi seluas 1 m² kerusakan pada kapal laminasi bilah bambu adalah sebesar Rp. 603.465 untuk kerusakan lubang, Rp 566.063 untuk kerusakan sobek melintang serat, dan Rp. 625.492 untuk kerusakan sobek searah serat.
=====================================================================================================
Bamboo slats laminated ship is currently under development to be application in small and medium industries. in addition, bambu slats laminate ship for now have started marketing and later there will be many bamboo slats laminate ship operating, both fishing ship, tourist ship, and crossing ship. The more bamboo slats laminate ship that operate, the more likely the bambu slats laminate ship will be damaged. The damage that occurs on the bambu slats laminated ship is damage to holes, damage in the direction of the fiber, and damage across the fiber. The repair process on bambu slats laminate ship is carried out using carvel method of ladder system. Testing is carried out by analyzing the technical and economic test materials that have been done repair using carvel method of ladder system. Technical analysis is carried out by tensile strength test according to standard ASTM D3500 by specimen thickness 20 mm, 22 mm, 24 mm, and bend strength test according to standard ASTM D3043. Based on the test results obtained a strong value of pull specimen with hole damage is the amount of 52,89 MPa, 53,86 MPa, dan 51,64 MPa, the strength tensile value of the specimen with the damage across the fiber amount of 88.33 MPa, 66,49 MPa, 82.19 MPa, and specimens with the damage in the direction of the fiber amount of 79,03 MPa, 69,76 MPa, and 80,27 MPa. the value of bend strength amount of 80,758 MPa to the hole damage. 82,385 MPa to the damage across the fiber and 81,394 MPa to the damage in the direction of the fiber. The tensile strength and bending strength of the specimen with the reparation process treatment meets the clearance voltage BKI (Vol) VII 2013 which amount to 42,169 MPa to tensile strength and 71,094 MPa to strength bend. The cost of repairing the layers required to carry out repairs is as wide as 1 m² damage to the bamboo slats laminate ship is amount of Rp. 603.465 to the hole damage, Rp 566.063 to damage across the fiber, Rp. 625.492 to the damage in the direction of the fiber.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Reparasi, Carvel Method of Ladder System, ASTM D3500, ASTM D3043, Development, Repair, Carvel Method of Ladder System, ASTM D3500, ASTM D3043
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gede Ega Satya Laksana
Date Deposited: 08 Mar 2021 12:58
Last Modified: 03 May 2021 07:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83797

Actions (login required)

View Item View Item