Pengembangan Model Pengaruh Web Quality Dan Social Influence Pada Penerimaan Teknologi Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta

El Ahmady, Fachri Raziq (2021) Pengembangan Model Pengaruh Web Quality Dan Social Influence Pada Penerimaan Teknologi Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411950040005-Master_Thesis.pdf] Text
02411950040005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini aplikasi telah menjadi media yang dapat mempermudah berbagai macam aktivitas manusia, termasuk melakukan pemesanan tiket kereta api. Aplikasi KAI Access hadir untuk mempermudah para pengguna transportasi untuk melakukan pemesanan tiket kereta api secara daring. Namun aplikasi tersebut semakin jauh dari harapan para penggunanya dengan munculnya berbagai macam permasalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, sebuah studi dilakukan untuk mengevaluasi bagaimana kondisi aplikasi KAI Access berdasarkan keluhan-keluhan dari para penggunanya. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang menentukan penggunaan aplikasi KAI Access dengan pendekatan Extended Technology Acceptance Model (TAM) dan Web Quality. Variabel Social Influence juga ditambahkan dalam studi ini untuk melihat bagaimana pengaruh lingkungan sosial seseorang terhadap keputusan untuk menggunakan suatu teknologi.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada para pengguna aplikasi KAI Access dengan jumlah sampel dari penelitian ini adalah 114 responden berdasarkan ketentuan dalam uji statistik PLS-SEM. Diperoleh hasil bahwa dimensi web quality yang paling berpengaruh pada behavioral intention berdasarkan total effect adalah aspek layanan (t-value = 3,036) dan sistem (t-value = 2,507), sementara aspek informasi (t-value = 1,622) tidak memiliki pengaruh kuat. Pengaruh lingkungan sosial (t-value = 2,084) terbukti memiliki pengaruh kuat dan memainkan peran penting terhadap keputusan pengguna untuk mengunakan aplikasi. Dengan dilakukannya studi ini, maka diharapkan dapat memberikan gambaran sesungguhnya bagaimana penerimaan aplikasi dari para pengguna sehingga dapat menjadi acuan bagi manajemen aplikasi KAI Access untuk melakukan pengembangan kedepannya
====================================================================================================
Currently, the application has facilitated various kinds of human activities, including ordering train tickets. KAI Access application emerges to help the transportation users to order train tickets online easier. However, this application is far away from the expectations of its users with the emergence of various problems. To solve this problem, a study was conducted to evaluate the condition of the KAI Access application based on complaints from its users. This study analyses the factors that determine the use of the KAI Access application with the Extended Technology Acceptance Model (TAM) and Web Quality approaches. The Social Influence variable is also added in this study to see how the influence of user’s social environment on the decision to use a technology.
This research was conducted by distributing questionnaires online to users of the KAI Access application with sample size of 114 respondents based on the provisions in the PLS-SEM statistical test. The results show that the dimensions of web quality that most influence on behavioral intention based on the total effect are the service (t-value = 3.036) and system (t-value = 2.507) aspects, while the information aspect (t-value = 1.622) does not have a strong influence. Social influence (t-value = 2.084) also has an influence and plays an important role in the user's decision to use the application. By carrying out this study, it is hoped that it can provide a real picture of how the application is implemented from users so that it can become a reference for KAI Access application management for future development.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-ticketing, User Acceptance, Social Influence, Technology Acceptance Model, Web Quality
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fachri Raziq El Ahmady
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:03
Last Modified: 09 Mar 2021 09:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83830

Actions (login required)

View Item View Item