Ariesta, Rizky Chandra (2021) Identifikasi Kerusakan Material Sandwich Pada Pelat Sisi Lambung Kapal Menggunakan Neural Network. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04111950030003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2023. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Material sandwich merupakan pengembangan inovasi di bidang material maju. Penggunaan material sandwich dapat diaplikasikan pada struktur kapal. Aplikasi material sandwich membutuhkan persyaratan untuk dapat diaplikasikan pada struktur kapal. Dalam pengembangannya penelitian material sandwich dilakukan pada skala laboratorium untuk mendapatkan komposisi material yang sesuai. Tentunya dalam proses pengembangan material ini dapat mengalami kerusakan. Kerusakan mayoritas terjadi pada material inti yang mengakibatkan kesulitan dalam proses identifikasinya.
Penelitian ini mengkaji metode identifikasi kerusakan pada pelat sandwich sisi lambung kapal. Identifikasi berbasis kerusakan dilakukan untuk mengetahui respon dari getaran terhadap kerusakan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah pendekatan numerik dan eksperimen pengukuran getaran dan diverifikasi menggunakan neural network. Pemodelan numerik digunakan untuk menentukan kondisi batas yang sesuai dan ditransfer di pengujian eksperimen. Pemodelan kerusakan diasumsikan material mengalami core failure dengan variasi besar kerusakan pada core. Besarnya kerusakan pada core memiliki korelasi penurunan frekuensi natural akibat menurunnya kekakuan material sandwich.
Oleh karena itu, tujuan metode neural network adalah untuk menentukan besar kerusakan dengan pendekatan cara berpikir manusia untuk memprediksi nilai besar kerusakan yang terjadi pada material sandwich.
====================================================================================================
Sandwich material is an innovative development in the field of advanced
materials. The use of sandwich material can be applied to ship structures. The
sandwich material application requires requirements to be applied to ship
construction. In its development, sandwich material research is carried out on a
laboratory scale to obtain the appropriate material composition. Of course, in the
development process, that causes damage to the material. The majority of damage
that occurred in the core material resulted in difficulties in the identification
process.
This study examines the method of identifying damage to the hull side
sandwich plate. Damage-based identification developed to determine the response
of vibration to the damage that occurs. The steps used are a numerical approach and
vibration measurement experiments and verified using a neural network. Numerical
modeling executes to determine the appropriate boundary conditions and validate
with the experimental test. Damage modeling assumes that the material experiences
core failure with a large variety of damage to the cores. The quantity of damage to
the core material has a decreased natural frequency due to caused of reducing the
stiffness of the sandwich material.
The purpose of the neural network method is to determine the amount of
damage with a human thinking approach to predict the value of the damage caused
to the sandwich material.
Actions (login required)
View Item |