Windrianto, Yumna Cahyaning (2021) ANALISIS FAKTOR UNTUK MENINGKATKAN INTENSI PENGGUNA DALAM PEMBELIAN MOBILE TICKETING KERETA API DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS: KAI ACCESS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211640000074-Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Konteks: Transportasi berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga transportasi memiliki pengaruh yang sangat besar terutama pada aspek ekonomi. Akibatnya akan semakin berkembangnya ke dalam ruang lingkup pengaruh globalisasi dan majunya teknologi, contohnya yaitu banyak masyarakat saat ini sangat jeli untuk memilih beberapa perusahaan yang menyediakan sarana transportasi untuk digunakan dalam pemesanan tiket. Menurut data yang bersumber dari pro.similarweb.com menunjukkan bahwa sudah banyak masyarakat yang telah menggunakan mobile ticketing sebagai media pemesanan tiket khususnya pemesanan ticket kereta api, sehingga perusahaan penyedia layanan lebih mengutamakan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Permasalahan: Dari latar belakang tersebut, adanya permasalahan yang dihadapi yaitu mempertahankan pelanggan dan kualitas layanannya, dikarenakan banyaknya persaingan berbagai penyedia layanan pemesanan ticket kereta api. Maka dari itu dilakukannya identifikasi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mobile ticketing yaitu pengukuran intensi pengguna, keamanan informasi pribadi dan keuangan serta peningkatan dalam layanan mobile ticketing.
Tujuan: Tujuan dari tugas akhir ini adalah melakukan pencarian serta memberikan penjelasan mengenai intensi pengguna yang berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi dengan mengggunakan 5 variable yaitu Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Risk (PR), Behavioral Intention (BI), dan Personal Innovativeness (PI).
Metode: Metode dilakukan untuk menganalisis data intensi pengguna yang sebelumnya dilakukan survei dengan target responden minimal 200 orang adalah dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) serta model teori yang digunakan untuk pengintegrasian didalam SEM (Structural Equation Modeling) adalah Technology Acceptance Model (TAM). Cara yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan informasi dari beberapa sumber, menentukan perencanaan tugas akhir (judul, tujuan, permasalahan, dan lainnya), membuat dan mengumpulkan hasil kuesioner yang dibagikan dengan cara online, melakukan pengujian data (validitas, kecocokan, dan analisis data), melakukan perbandingan model penelitian, dan melakukan dokumentasi yaitu tugas akhir.
Hasil: Hasil variabel yang memengaruhi intensi pengguna dalam pembelian tiket kereta api menggunakan Mobile Ticketing KAI Access adalah Perceived Risk, Perceived Ease of Use, dan Perceived Innovativeness.
Manfaat: Manfaat dari hasil penelitian tersebut adalah dapat mengidentifikasi yang dirasakan pengguna dalam menggunakan layanan mobile ticketing sebagai media untuk membeli tiket kereta api secara online.
============================================================
============================================================
Background: Participatory transportation is very important in everyday life so that transportation has a very big influence, especially on the economic aspect. As a result, it will increasingly develop into the sphere of influence of globalization and advanced technology, for example, that many people today are very keen to choose several companies that provide transportation facilities to use in ticket reservations. According to data sourced from pro.similarweb.com, it shows that many people have used mobile ticketing as a medium for booking tickets, especially for ordering train tickets, so service providers prioritize fulfilling people's wants and needs.
Problems: From this background, there are problems that solve the problem of maintaining customers and the quality of their services, due to the high competition for various train ticket booking service providers. Therefore, it can be understood that the factors that affect the services that affect the purchase of mobile tickets, namely the intensive measurement of users, the security of personal and financial information and the increase in the purchase of mobile tickets.
Purpose: The purpose of this final project is to search and provide an explanation of user intentions that affect the use of the application by using 5 variables, namely Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Risk (PR), Behavioral Intention (BI ), and Personal Innovativeness (PI).
Methods: The method used to analyze user intention data that previously conducted a survey with a target respondent of at least 200 people is by using SEM (Structural Equation Modeling) and the theoretical model used for integration in SEM (Structural Equation Modeling) is the Technology Acceptance Model (TAM). The way this is done is to collect information from several sources, determine the final project planning (title, objectives, problems, and others), create and collect the results of questionnaires that are taken online, perform data testing (validity, suitability, and data analysis), conduct comparisons of research models, and carry out final assignment documentation.
Result: The expected result the variables that affect user intentions in purchasing train tickets using KAI Access Mobile Ticketing are Perceived Risk, Perceived Ease of Use, and Perceived Innovativeness.
Benefits: The benefit of the research results is it can identify the users for using the mobile ticketing service as a media for buying online ticket trains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Mobile Ticketing, Structural Equation Modeling, Intensi Pengguna, Technology Acceptance Model ============================================================ Keywords: Mobile Ticketing, Structural Equation Modeling, User Intention, Technology Acceptance Model |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yumna Cahyaning Windrianto |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 01:50 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 01:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/83947 |
Actions (login required)
View Item |