Perancangan Perangkat Penilaian Pembelajaran Daring Kriteria Orientasi Pengguna, Desain Media dan Teknologi Berdasarkan Standar Kualitas Open ECB Check (Studi Kasus: itsDaring)

Indrianingtyas, Puspa Nur (2021) Perancangan Perangkat Penilaian Pembelajaran Daring Kriteria Orientasi Pengguna, Desain Media dan Teknologi Berdasarkan Standar Kualitas Open ECB Check (Studi Kasus: itsDaring). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000038-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211640000038-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 memiliki peran perubahan pada segala bidang tidak terkecuali pada bidang pendidikan dalam hal ini dapat terlihat pada proses pembelajaran yang semakin bertumpu pada kemajuan teknologi. E-learning merupakan salah satu media yang digunakan dalam penunjang pembelajaran, agar pembelajaran dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Untuk memberikan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dari perguruan tinggi maka evaluasi si/ti pada e-learning diperlukan bukan hanya berdasarkan kuantitatif namun juga memerlukan evaluasi secara kualitatif. Namun masih ada perguruan tinggi yang hanya mengukur kuantitas penggunaan mata kuliah dan tidak berfokus pada kualitasnya. Maka dari pemaparan tersebut perlu adanya evaluasi e-learning secara kualitatif pada matakuliah dalam suatu e-learning untuk menjamin kualitas matakuliah tersebut.
Banyak perguruan tinggi di indonesia telah mengimplementasikan e-learing, salah satunya adalah ITS yang mengimplementasikan ItsDaring pada beberapa matakuliah. Namun itsDaring dalam mewadahi puluhan matakulan hanya beberapa saja yang digunakan dan memili ki student maka dari hal tersebut perlu adanya suatu evaluasi dari.
Untuk melakukan evaluasi dalam matakuliah dapat dilakukan dengan berbagai macam frame work dan salah satunya adalah Open ECB Chek. Open ECB Chek merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mengukur standart kualitas dari e-learning yang menggunakan pendekatan dari matakuliah. Open ECB Chek menyediakan tujuh kriteria area penilaian yaitu Information about and organization of the programme, Target Audience Orientation, Quality of Contents, Programme/Course Design, Media Design, Technology, dan Evaluation & Review.
Berdasarkan dari pemaparan permasalah dari kondisi e-learning maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat penilaian yang dapat menjamin kualitas matakuliah pada suatu e-learning berdasarkan Open ECB Chek pada kriteria Target Audience Orientation, Media Design, dan Technology sehingga memudahkan dalam melakukan self assessment. Dimana dari ketiga area tersebut merupakan refleksi dari permasalahan e-learning yang ada di ITS dimana pembelajaran melalui e-learning yang kurang dimanfaatkan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data serta analisis data adalah dengan melakukan wawancara serta dengan melakukan observasi

==========================================================================================

Industrial revolution 4.0 has a changing role in all fields, including in the field of education. in this case, it can be seen in the learning process which is increasingly based on technological progress. E-learning is one of the media used to support learning so that learning can be accessed anywhere and anytime. To provide good quality and following the needs of higher education institutions, the evaluation of e-learning is required not only based on quantitative but also qualitative evaluation. However, there are still universities that only measure the quantity of subject use and do not focus on their quality. So from this explanation, it is necessary to evaluate e-learning qualitatively in e-learning courses to ensure the quality of these courses.
Many universities in Indonesia have implemented e-learning, one of which is ITS which implements ItsDaring in several courses. However, itsDaring accommodating dozens of subjects, only a few are used and have students. So from the following explanation there needs to be an evaluation.
To evaluate the course, it can be done with a variety of frameworks and one of them is Open ECB Check. Open ECB Check is a tool that can be used to measure the quality standards of e-learning using a course approach. Open ECB Check provides seven criteria for assessment areas, namely Information about and organization of the program, Target Audience Orientation, Quality of Contents, Program / Course Design, Media Design, Technology, and Evaluation & Review.
Based on the explanation of the problems of the e-learning conditions, this study aims to produce an assessment tool that can guarantee the quality of courses in e-learning based on Open ECB Check on the criteria for Target Audience Orientation, Media Design, and Technology, making it easier to carry out self-assessments. Where these three areas are a reflection of the e-learning problems that exist in ITS where learning through e-learning is underutilized. The method used in data collection and data analysis is by conducting interviews and by making observations

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas, kualitas sistem, evaluasi si/ti, e-learning Open ECB Chek. quality, system quality, si / ti evaluation, e-learning Open ECB Chek.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Puspa Nur Indrianingtyas
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:27
Last Modified: 10 Mar 2021 04:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84037

Actions (login required)

View Item View Item