Sianturi, Ayub (2021) Analisis Sistem Tenaga, Rasio Dan Tingkat Transmisi Pada Mobil Bertenaga Listrik Tipe Perkotaan Atau City Car. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02111640000022_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dari data yang bersumber pada tabel badan pusat statistik didapatkan jumlah kendaraan penumpang meningkat setiap tahunnya pada tahun 2010-2014 dengan jumlah kenaikan rata-rata 1 juta unit kendaraan setiap tahun dengan kendaraan menggunakan mesin konvensional. Seiring berkembangnya mobil konvensional mulai tergantikan dengan mobil listrik yang terdapat pada data bersumber EV Volumes dengan persentasi peningkatan setiap tahunnya, hal ini juga didukung dengan nilai konsumsi bahan bakar lebih tinggi dari pada produksi bahan bakar berasal dari grafik bersumber pada BP statical revieew 2013. Maka itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk memodifikasi komponen dari sistem transmisi dari mobil listrik ezzy ITS II sebagai acuan dari kendaraan yang digunakan.
Pada tugas akhir ini terdapat dua tahapan, yang pertama adalah tahap perhitungan dan yang kedua adalah tahap analisis. Untuk tahap perhitungan yang dilakukan adalah melakukan perhitungan haya hambat yang meliputi gaya drag, rolling resistence, dan gaya hambat inersia, lalu dilakukan perhitungan spesifikasi motor dan baterai. Lalu akan dilakukan perhitungan rasio yang sesuai dengan kondisi jalan pada driving cycle . kemudian akan dilakukan pemetaan daerah efisiesnsi kerja motor listrik pada driving cycle. Pada tahap analisis dilakukan analisis terhadap rasio yang bekerja terhadap efisiensi motor listrik.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan nilai rasio dari sisitem transmisi CVT pada mobil perkotaan. Kemudian didapatkan motor listrik yang digunakan untuk kendaraan perkotaan ini yaitu motor YASA P400 R series. Kemudian didapatkan kapasitas baterai yang digunakan untuk jarak tempuh 130 Km yaitu 20 Kwh dengan baterai Li-Ion dengan voltase 48V dan kapasitas baterai sebesar 58,5 menggunakan 4 pack baterai yang disusun secara seri pararel. Kemudian didpatakan daerah dominan kerja motor listrik dari setiap driving cycle dengan nilai efisiensi kerja motor listrik pada driving cycle tipe perkotaan dominan bekerja pada daerah kerja 88%-92%, sedangkan pada kondisi jalan pedesaan nilai dominan efisiensi kerja motor berada pada daerah 88%-92%, dan pada kondisi jalan TOL motor listrik bekerja dominan pada daerah kerja 90%-92%.
Kata kunci : mobil perkotaan, sistem transmisi, efisiensi kerja motor listrik.
=========================================================
From the data sourced from the table of the central statistical agency, it is found that the number of passenger vehicles has increased every year in 2010-2014 with an average increase of 1 million vehicles per year with vehicles using conventional engines. As the development of conventional cars has begun to be replaced with electric cars, which are found in data from EV Volumes with a percentage of an increase every year, this is also supported by the value of higher fuel consumption than fuel production from graphs sourced from BP statical review 2013 This research was conducted which aims to modify the components of the transmission system of the ezzy ITS II electric car as a reference for the vehicle used.
In this final project there are two stages, the first is the calculation phase and the second is the analysis phase. For the calculation phase, the calculation is carried out by calculating the drag, which includes the drag force, rolling resistance and inertia drag, then calculating the motor and battery specifications. Then the ratio will be calculated according to the road conditions on the driving cycle. then a mapping of the work efficiency of an electric motor will be carried out on the driving cycle. At the analysis stage, an analysis of the working ratio to the efficiency of the electric motor is carried out.
The final result of this study is to obtain the ratio value of the CVT transmission system in urban cars. Then we get the electric motor used for this urban vehicle, namely the YASA P400 R series motor. Then obtained the battery capacity used for the distance of 130 Km, namely 20 Kwh with a Li-Ion battery with a voltage of 48V and a battery capacity of 58.5 using 4 battery packs arranged in parallel series. Then it is shown that the dominant working area of the electric motor from each driving cycle with the work efficiency value of the electric motor on the urban type driving cycle is dominant working in the work area of 88% -92%, while in rural road conditions the dominant value of motor work efficiency is in the area 88% -92. %, and on highways, the electric motor works predominantly in the working area 90% -92%.
Key words: urban car, transmission system, electric motor work, efficiency.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mobil perkotaan, sistem transmisi, efisiensi kerja motor listrik. urban car, transmission system, electric motor work, efficiency. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ayub Sianturi |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:24 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:24 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/84042 |
Actions (login required)
View Item |