STUDI EKSPERIMENTAL KEAUSAN PERMUKAAN MATERIAL KARENA MULTI-DIRECTIONAL CONTACT FRICTION

Pratama, Bagas Adi (2021) STUDI EKSPERIMENTAL KEAUSAN PERMUKAAN MATERIAL KARENA MULTI-DIRECTIONAL CONTACT FRICTION. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111440000051-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111440000051-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia industri banyak ditemukan fenomena dua buah atau lebih benda yang mengalami kontak dan bergerak relatif satu sama lain sehingga menimbulkan gaya gesek. Dari penelitian sebelumnya tentang analisis laju keausan permukaan material karena multi-directional contact friction, menunjukkan gesekan banyak arah (multi-directional contact friction) menghasilkan keausan yang lebih besar dibandingkan gesekan satu arah (uni-directional contact friction).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh multi-directional contact friction terhadap keausan sebuah benda serta mengetahui bagaimana mekanisme keausan benda yang mengalami multi-directional contact friction. Pengujian dilakukan dengan menggunakan tribometer pin on disk dengan material Ultra High Molecular Weight Polyethylene (UHMWPE) sebagai pin uji dan Stainless Steel sebagai disk. Pada saat pengujian dilakukan, pin dan disk akan bergerak rotasi dan saling kontak permukaan sehingga terjadi gesekan ke arah yang berubah-ubah pada permukaan masing-masing material. Pengujian dilakukan dengan variable yang sama, yaitu pin digesekkan dengan jarak 600 meter, pembebanan statis sebesar 19.6 N, dengan 3 variasi rasio kecepatan antara pin dan disk (5; 10; 15). Spesimen yang telah diuji selanjutnya diamati struktur permukaannya menggunakan mikroskop optis dengan perbesaran 5 dan 10 kali sehingga dapat dianalisa mekanisme keausan apa yang terjadi akibat dari proses pengujian yang telah dilakukan. Data hasil pengujian diolah sehingga diketahui laju keausan (wear rate) dari spesimen uji. Sebagai data pembanding, diambil juga data hasil keausan gesekan satu arah dimana yang bergerak rotasi hanya disk saja sedangkan pin hanya mengalami pembebanan dan tidak bergerak sama sekali.
Dari pengujian didapatkan hasil bahwa gesekan banyak arah (Multi-Directional Friction) menghasilkan keausan yang lebih besar dibandingkan dengan gesekan satu arah (Uni-Directional Friction). Keausan paling besar terjadi pada rasio 15 pengujian gesekan banyak arah (Multi-Directional Friction), hal ini diindikasikan sebagai fenomena stick slip paling besar dalam pengujian ini. Pin dan disk bergerak sama arah berlawanan arah jarum jam (CCW), kondisi ini menyebabkan nilai keausan pada gesekan banyak arah (Multi-Directional Friction) memiliki nilai yang lebih besar dibanding gesekan satu arah (Uni-Directional Friction). Material mengalami gesekan banyak arah dengan pembebanan statis sebesar 19,8 N dan dengan kecepatan sesaat yang berubah mulai nol hingga 15,386 m/menit, serta mekanisme keausan yang terjadi adalah keausan abrasif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keausan, multi-directional, wear rate, stick slip, rasio kecepatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ561 Surface
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bagas Adi Pratama
Date Deposited: 12 Mar 2021 05:26
Last Modified: 12 Mar 2021 05:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84154

Actions (login required)

View Item View Item