Estimasi Waktu Dan Biaya Pekerjaan Konstruksi Jembatan Sta 40+726 – Sta 40+780 Pada Proyek Pembangunan Relokasi Jalan Tol Surabaya – Gempol Ruas Porong – Gempol Paket 2

Ramadhan, Mochammad Trimanda (2021) Estimasi Waktu Dan Biaya Pekerjaan Konstruksi Jembatan Sta 40+726 – Sta 40+780 Pada Proyek Pembangunan Relokasi Jalan Tol Surabaya – Gempol Ruas Porong – Gempol Paket 2. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111910015011 - Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111910015011 - Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of T-F5 Form Persetujuan Perbaikan Laporan Pak Yanto.pdf] Text
T-F5 Form Persetujuan Perbaikan Laporan Pak Yanto.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of T-F5 Form Persetujuan Perbaikan Laporan Pak Syamsul.pdf] Text
T-F5 Form Persetujuan Perbaikan Laporan Pak Syamsul.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan mobilitas
dalam kehidupannya membuat lalu lintas menjadi padat.
Kebutuhan ini harus diimbangi dengan sarana transportasi yang
memadai agar kepadatan lalu lintas dapat teratasi. Jalan arteri ruas
Porong – Gempol tergolong padat setiap harinya, peristiwa
bencana Lumpur Lapindo sejak tahun 2006 menenggelamkan
area permukiman, pertanian, industri hingga ruas jalan tol.
Kerugian ekonomi akibat terputusnya ruas jalan tol diperkirakan
hingga Triliunan Rupiah. Sebagai solusi akibat terputusnya ruas
jalan tol, pemerintah melakukan pembangunan relokasi ruas jalan
tol yang terputus untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat
distribusi barang dan jasa yang nantinya diharapkan dapat
menjadi pemicu percepatan pembangunan dan pengembangan
wilayah. Proyek Pembangunan Relokasi Jalan Tol Surabaya –
Gempol Ruas Porong – Gempol direncanakan dengan panjang 6,4
km. Pekerjaan pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi 2 paket.
Paket 1 dikerjakan oleh Kontraktor PT. Wijaya Karya dengan
panjang 3,8 km dan Paket 2 dikerjakan oleh Kontraktor PT.
Waskita Karya dan PT. Gorip Nanda Guna dengan panjang 2,6
km. iv
Penulis memfokuskan konstruksi jembatan STA 40+726
– 40+780 sebagai judul Proyek Akhir untuk melakukan
pengkajian terhadap perhitungan pekerjaan konstruksi jembatan
dari segi efisiensi waktu dan biaya pelaksanaan dari analisa data –
data pendukung seperti gambar desain proyek, rencana anggaran
biaya, spesifikasi teknis, dan metode pelaksanaannya. Dalam
proses pengkajian perlu dilakukan analisa kapasitas produksi
setiap pekerjaan. Proses tersebut mengacu pada pedoman
Peraturan Menteri Pekerjaaan Umum No.28/PRT/M/2016 tentang
Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan
Umum. Untuk menentukan jadwal terhadap penggunaan sumber
daya (alat, material, dan tenaga kerja), maka terlebih dahulu
menghitung durasi setiap item pekerjaan. Setelah itu, dibuat
network planning untuk mengetahui waktu dan biaya pelaksanaan
yang paling efisien. Hasil akhir dari proyek akhir ini berupa
jadwal pelaksanaan proyek, rekapitulasi biaya pelaksanaan
proyek, metode pelaksanaan pekerjaan serta kurva s.
Hasil dari perhitungan durasi dari tiap pekerjaan yang
dianalisis pada aplikasi software Ms. Project dan Ms. Excel untuk
merencanakan penjadwalan proyek, sehingga didapatkan hasil
seperti Gantt-Chart (schedule dalam bentuk bar-chart),
Penjadwalan tenaga kerja, laporan biaya, dan Kurva S. Dari
perencanaan yang telah disusun didapatkan hasil durasi
pelaksanaan proyek tersebut adalah 329,34 hari dengan total
biaya beserta PPN sebesar Rp 39.791.595.000,00 (terbilang tiga
puluh sembilan milyar tujuh ratus sembilan puluh satu juta lima
ratus sembilan puluh lima ribu rupiah).
======================================================================================================
The increasing need for mobility in community has made
traffic become crowded. This need must be balanced with
adequate transportation facilities so that traffic crowded can be
resolved. The arterial road of Porong – Gempol section is
classified as crowded every day, the Lapindo Mud disaster since
2006 has drowned residential areas, agriculture, industry, and
toll roads. Economic losses due to cut off toll roads are estimated
to be Trillions of Rupiah. As a solution due to cut off toll roads,
the government is bulding relocation of interrupted toll roads to
reduce congestion and accelerate the distribution of goods and
services which are expected to trigger the acceleration of
regional development. The Surabaya - Gempol Toll Road
Relocation Project for the Porong - Gempol section is planned
for a length of 6,4 km. The toll road construction work is divided
into 2 sections. Section 1 is done by the contractor PT. Wijaya
Karya with a length of 3,8 km and Section 2 is done by the
contractor PT. Waskita Karya and PT. Gorip Nanda Guna with a
length of 2.6 km.
The author focuses on the bridge construction of the STA
40+726 - 40+780 as the title of the Final Project to conduct an
assessment of the calculation of bridge construction work in vi
terms of time efficiency and implementation costs from supporting
data analysis such as project design drawings, budget plans,
technical specifications, and method of implementation. In the
assessment process, it is necessary to analyze the production
capacity of each job. The process refers to the guidelines for the
Regulation of the Minister of Public Works No.28 / PRT / M /
2016 concerning Guidelines for Unit Price Analysis in the Public
Works Sector. To determine a schedule for the use of resources
(tools, materials, and labor), first calculate the duration of each
work item. After that, a network planning is made to determine
the most efficient time and cost of implementation. The final result
of this final project is a project implementation schedule, a
recapitulation of project implementation costs, work
implementation methods and the s curve.
The calculation results of the duration each job are
analyzed using Ms. Project and Ms. Excel software application to
plan project scheduling, so the results such as Gantt-Chart
(schedule in the form of a bar-chart), human resources
scheduling, cost reports, and S Curve. From the plan, the results
of the project are 329,34 days with a total cost of Rp.
39.791.595.000,00 (spelled thirty nine billion seven hundred
ninety-one million five hundred and ninety five thousand rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: jembatan, jalan tol, waktu, biaya, metode pelaksanaan, kurva s, bridge, toll road, time, cost, method of implementation
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 07 Jul 2021 08:16
Last Modified: 07 Jul 2021 08:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84298

Actions (login required)

View Item View Item