KERJA PRAKTIK DI PT PETROKIMIA GRESIK (PERSERO)

Laksamana, Hardan Tri and Putra, Iqlil Indrasyah (2020) KERJA PRAKTIK DI PT PETROKIMIA GRESIK (PERSERO). Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of Hardan Tri L_06211740000100_Iqlil Indrasyah Putra 06211740000067.pdf]
Preview
Text
Hardan Tri L_06211740000100_Iqlil Indrasyah Putra 06211740000067.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini persaingan bisnis di Indonesia terasa semakin ketat, hal tersebut dirasakan oleh industri pupuk di indonesia. Perusahaan holding pupuk dibawah PT Pupuk Indonesia seperti PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda dan lain-lain saling bersaing untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat dalam bisnis pupuk di Indonesia. Hal tersebut telah mendorong perusahaan untuk bergerak lebih aktif dalam menciptakan inovasi produk terbaru dan memasarkan produknya sehingga perusahaan pun harus lebih mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk yang berkualitas dan strategi penjualan yang tepat merupakan kunci untuk meningkatkan laba perusahaan. Namun hal itu tidak cukup jika sebuah perusahaan tidak memilki citra brand yang baik di masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dipelajari ekuitas merek pada perusahaan PT Petrokimia Gresik dengan mengambil sampel data primer yang berasal dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dan dengan dimensi ekuitas merek PT Petrokimia Gresik yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi merek dan loyalitas merek, serta menguji signifikansi pengaruh setiap dimensi tersebut terhadap ekuitas merek dengan menggunakan metode SEM-PLS. Dari hasil analasis diperoleh bahwa sebagian besar responden adalah perempuan sebesar 68 % sedangkan laki-laki sebanyak 32% dengan Sebagian besar responden berusia muda dimana pada usia 20 tahun terdapat sekitar 12 orang, kemudian dari analisis ekuitas merek dengan menggunakan metode SEM-PLS diperoleh hasil bahwa Kesan Kualitas dan Loyalitas Merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Ekuitas Merek pada PT Petrokimia Gresik untuk daerah Kabupaten Sumenep.
====================================================================================================
Currently, business competition in Indonesia feels increasingly tight, which was felt by the fertilizer industry in Indonesia. Fertilizer holding companies under PT Pupuk Indonesia such as PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda, and others are competing against each other to win an increasingly tight competition in the fertilizer business in Indonesia. It has encouraged the company to move more actively in creating the latest product innovations and marketing its products so that the company must better know and understand the needs and wants of consumers. Quality products and the right sales strategy are key to improving the company's profit. But it is not enough if a company does not have a good brand image in the community. To solve the problem, it is necessary to study brand equity in PT Petrokimia Gresik by taking a sample of primary data originating from Sumenep Regency, East Java with the brand equity dimension of PT Petrokimia Gresik is including brand awareness, brand association, brand perception, and brand loyalty, as well as testing the significance of the influence of each dimension on brand equity using SEM-PLS method. From the results of the analysis, is obtained that most of the respondents are women by 68% while men as much as 32% with most of the respondents are young people around 20 years old that there are about 12 people, then from the analysis of brand equity using the SEM-PLS method, the results show that the Impression of Brand Quality and Loyalty has a significant influence on Brand Equity at PT Petrokimia Gresik for Sumenep district.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, SEM-PLS, Variabel Laten, Brand Equity, SEM-PLS, Latent Variables
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hardan Tri Laksamana
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:37
Last Modified: 04 Apr 2023 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84471

Actions (login required)

View Item View Item