Perancangan Geometri dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 5

Gelora, Anna Aulya Pantja (2021) Perancangan Geometri dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 5. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000114-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000114-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Jalan tol merupakan bagian sistem jaringan jalan dimana
penggunanya diwajibkan membayar tol dan salah satu prasarana
transportasi yang sangat penting sebagai penghubung
antarwilayah sehingga dapat meningkatkan laju perekonomian
dan pemerataan dengan cepat di Indonesia. Pemerintah
merencanakan pembangunan jalan tol sepanjang 18.850 km di
Indonesia. Di Jawa Barat, salah satu jalan tol yang termasuk ke
dalam perencanaan pembangunan jalan tol oleh pemerintah
adalah Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi. .Jalan Tol
Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi 5 merupakan proyek strategis
nasional yang dibangun oleh pemerintah untuk mencapai
konektivitas 1,5 jam per 100 km dan sebagai penghubung menuju
Bandara Kertajati untuk meningkatkan perekonomian di daerah
sekitar. Pembangunan jalan tol dilakukan dengan perencanaan
geometri, yaitu berupa bentuk fisik jalan yang baik dan sesuai
dengan kondisi topografi.
Tugas akhir ini merencanakan geometri, tebal perkerasan
kaku jalan tol Cileunyi—Sumedang—Dawuan Seksi 5 berdasarkan
peraturan yang dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jenderal Bina Marga serta merencanakan drainase
berdasarkan peraturan perencanan sistem drainase jalan oleh
Departemen Pekerjaan Umum. Pengerjaan tugas akhir dimulai
ii
dari studi literatur, pemgumpulan data, perencanaan geometri
jalan tol berupa alinyemen horizontal yang dilakukan untuk
mendapatkan perancangan trase baru dengan memerhatikan
kondisi topografi yaitu daerah perbukitan dan alinyemen vertikal
yang dilakukan untuk mengetahui pekerjaan tanah (galian dan
timbunan), perencanaan tebal perkerasan kaku sesuai dengan
beban lalu lintas yang terjadi, perencanaan dimensi saluran tepi
(saluran drainase) sesuai dengan curah hujan yang terjadi, dan
rencana anggaran biaya dari seluruh perencanaan dengan
batasan tertentu yang dilakukan pada tugas akhir ini berdasarkan
Harga Satuan Pokok Kegiatan Kota Madiun yang dikonversi
dengan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) ke Kabupaten
Sumedang..
Hasil perancangan tugas akhir ini adalah Jalan Tol Cileunyi�Sumedang-Dawuan Seksi 5 dengan panjang 13,289 km, 10 PI
dengan jenis tikungan Spiral-Circle-Spiral (SCS), 10 PVI (4
lengkung cembung dan 6 engkung cekung), tipikal dimensi
drainase B = 0,45 m dan H = 1 m, volume galian 5.192.500,5 m3
,
volume timbunan 4.309.199,7 m
3
, tebal pelat beton 305 mm, tebal
lapis Lean Mean Concrete (LMC) 100 mm, tebal lapis drainase
150 mm, Stabilisasi semen 300 mm, sambungan batang pengikat
berdiameter 16 mm, sambungan susut melintang dengan diameter
ruji 38 mm, dan total Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebesar Rp.
936.254.823.670,42.
====================================================================================================
Toll roads are part of road network system that have a fee for
driving through, important infrastructure which is connecting
cities to accelerate economic growth in Indonesia. Government
plans 18.850 kilometers toll roads construction project in
Indonesia. Cileunyi-Sumedang-Dawuan Toll Road Section 5 is
one of the government’s major toll roads project in East Java.
Cileunyi-Sumedang-Dawuan Toll Road Section 5 is a main
infrastructure projects in Indonesia that is planned to achive 100
kilometers in 1,5 hours intercity connectivity and also connecting
an urban to Kertajati International Airport for growing society
economic around. Toll roads project designed by adjusting
topograpgy around.
This final project contains the study and the design of
geometric, rigid pavement, and road drainage at Cileunyi�Sumedang-dawuan Toll Road Section 5. The geometric and
pavement design refers to geometric and pavement regulation by
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga
and the road drainage design refers to Perencanan Sistem
Drainase Jalan by Departemen Pekerjaan Umum. The phase of
final project are studying regulations and references , collecting
data, geometric design that have to adjust topoghrapy as a hills,
create the new track of the toll road, calculate cut and fill by
iv
designing vertical alignment, pavement design that is able to
withstand the vehicle’s weight, road drainage dimension design,
and total cost calculation with limitation which is refer to Harga
Satuan Pokok Kota Madiun 2021 coverted to Kabupaten
Sumedang by Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK).
The results of final project are Jalan Tol Cileunyi-Sumedang�Dawuan Seksi 5 with 13,289 kilometers , 10 PI of Spiral-Circle�Spiral (SCS) curves, 10 PVI (4 convex curves and 6 concave
curves), the dimension of road drainage is B = 0,45 m and H = 1
m, cut volumes 5.192.500,5 m3
, fill volumes 4.309.199,7 m
3
,
concrete plate thickness 305 mm, Lean Mean Concrete (LMC)
thickness 100 mm, drainage layer thickness 150 mm, concrete
stabilitation 300 mm, 16 mm diameters of tie bars, 38 mm
diameters of dowel bars and total cost project with limitation is Rp.
936.254.823.670,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geometri, Cileunyi—Sumedang— Dawuan Seksi 5,Toll Road, Geometric
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anna Aulya Pantja Gelora
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:23
Last Modified: 03 Aug 2021 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84723

Actions (login required)

View Item View Item