Analisis Media Pembelajaran Efektif Pemrograman Daring: Kajian Etnografi Studi Kasus Mahasiswa Baru tanpa Pengalaman Pemrograman Sebelumnya

Afandi, Khoirunnisa (2021) Analisis Media Pembelajaran Efektif Pemrograman Daring: Kajian Etnografi Studi Kasus Mahasiswa Baru tanpa Pengalaman Pemrograman Sebelumnya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211850012001-Master_Thesis.pdf] Text
05211850012001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, pemerintah berusaha untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa dalam tugas-tugas kreatif dan pemecahan masalah. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan pemrograman yang baik karena ada sebagian dari mereka yang belum memiliki pengalaman terhadap pemrograman atau karena ada faktor lain. Terlebih lagi di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sebagian besar pembelajaran baik di sekolah maupun universitas dilakukan secara daring. Maka dari itu luaran penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa memahami pemrograman, menganalisis proses pembelajaran pemrograman dan memberikan rekomendasi kepada dosen pengajar tentang media dan metode pembelajaran yang baik bagi mahasiswa baru.
Untuk meneliti hal tersebut, diperlukan metode yang mampu secara mendalam meneliti kehidupan mahasiswa. Metode yang bisa secara mendalam melihat faktor dan proses mahasiswa adalah etnografi. Tetapi karena keadaan COVID-19 yang mengharuskan penelitian jarak jauh, maka penelitian ini menggunakan varian dari etnografi yaitu etnografi visual. Data dikumpulkan secara virtual dengan mengirimkan foto dan wawancara di penghujung hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses mahasiswa seperti perkuliahan yang memberikan tugas setiap minggu dengan beban soal; pemberian hukuman seperti live coding serta pengurangan nilai ketika terjadi indikasi duplikasi kode milik teman atau pada website; dan perkuliahan tatap muka mampu meningkatkan kemampuan pemrograman mahasiswa. Selain itu, faktor yang mempengaruhi kemampuan pemrograman mahasiswa baru adalah faktor aktivitas, faktor internal, faktor metode belajar, faktor media dan faktor lingkungan.
====================================================================================================
Currently, the government is trying to teach students programming in creative tasks and problem-solving. However, not all students have good programming skills because some have no experience with programming or other factors. In the current era of the COVID-19 pandemic, most learnings at both schools and universities are online. The output of this research is to find out the factors that influence the success of students in understanding programming, see the programming learning process and provide recommendations to lecturers about media and good learning methods for new students.
Therefore, we need a method that is able to explore student life research. The method that can in-depth look at student factors and processes is ethnography. However, due to the COVID-19 situation which requires remote research, this study uses a variant of ethnography, namely visual ethnography. Data is collected virtually by submitting photos and interviews at the end of the day. The results of this study indicate that the effective lecture process is lecture that gives assignments every week with a load of questions; giving such as live coding and deduction of value when there is an indication of duplicate code belonging to a friend or on the website; and face-to-face lectures can improve students' programming skills. In addition, the factors that affect the programming ability of new students are activity factors, internal factors, learning methods factors, media factors and environmental factors.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisis, etnografi visual, kualitatif, media pembelajaran, pembelajaran efektif, analysis,ethnographic, evaluation, learning media, learning methods, triangulation, qualitative.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM742 Online social networks.
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education (e-learning). Virtual reality in education.
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: KHOIRUNNISA AFANDI
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:51
Last Modified: 05 Aug 2021 09:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84925

Actions (login required)

View Item View Item