Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal

Shofiyah, Muvita Nurush (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611710000063-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10611710000063-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10611710000063-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10611710000063-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemunculan pandemi COVID-19 berdampak pada salah satu sektor yaitu pendidikan. Kebijakan belajar dari rumah menjadi metode pembelajaran pada saat pandemi COVID-19, yang semula belajar melalui tatap muka menjadi daring. Proses pembelajaran daring yang dilakukan secara terus menerus kemungkinan dapat menyebabkan meningkatnya tingkat stres pada siswa. Tidak terkecuali siswa kelas dua belas di SMA Negeri 2 Lumajang. Academy stresor merupakan stres yang dialami oleh siswa yang bersumber pada proses pembelajaran atau yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Pada penelitian kali ini akan dikaji faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tingkat stres siswa SMA Negeri 2 Lumajang pada saat pembelajaran daring menggunakan metode regresi logistik ordinal. Hasil yang diperoleh adalah dari sepuluh variabel prediktor yang diduga berpengaruh terhadap tingkat stres siswa ternyata hanya tiga yang berpengaruh signifikan yaitu variabel jenis kelamin, tekanan berprestasi tinggi, dan dukungan sosial dari orang tua. Siswa berjenis kelamin perempuan, sering mendapatkan tekanan berprestasi tinggi, dan jarang mendapatkan dukungan dari orang tua cenderung mengalami stres berat dengan peluang sebesar 68,8%.
=====================================================================================================
The emergence of the COVID-19 pandemic has an impact on one
sector, namely education. The policy of learning from home became a
learning method during the COVID-19 pandemic, which originally
learned through face-to-face to online. The online learning process that
is carried out continuously is likely to cause an increase in the level of
stress in students. The twelfth graders at SMA Negeri 2 Lumajang are no
exception. Academy stressor is stress experienced by students that
originates in the learning process or related to learning activities. In this
study, it will be studied what factors affect students' stress levels when
online learning using the ordinal logistic regression method at SMA
Negeri 2 Lumajang. The results obtained are that of the ten predictor
variables that are thought to have an effect, only three have a significant
effect on students' stress levels, namely gender, high achievement
pressure, and social support from parents. Female students, often get high
achievement pressure, and rarely get support from parents tend to
experience severe stress with a 68.8% chance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Academy Stresor, Tingkat Stres Siswa, Regresi Logistik Ordinal, Ordinal Logitic Regression, Student Stres Level
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Muvita Nurush Shofiyah
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:57
Last Modified: 09 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84958

Actions (login required)

View Item View Item