Perencanaan Gerbang Tol Probolinggo - Banyuwangi

Kresnandi, Fajar Ihsan (2021) Perencanaan Gerbang Tol Probolinggo - Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111740000153-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi secara umum adalah perpindahan manusia ataupun benda dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jalan tol adalah suatu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih (mobil, truk trailer, bis, dll.) dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain. Namun seringkali jalan tol yang bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu mengalami hambatan. Hambatan terjadi karena antrian yang panjang di gerbang tol, oleh karena itu diperlukan perencanaan gerbang tol agar dapat menjawab permasalahan diatas.
Metode yang digunakan dalam perencanaan gerbang tol Probolinggo - Banyuwangi adalah First In First Out (FIFO) dan untuk struktur dasar antrian menggunakan Single Channel – Single Phase sebagai struktur dasar dalam proses antrian yang menggunakan 3 sistem yaitu Gerbang Tol Otomatis, On Board Unit (OBU), Single Lane Free Flow dengan menggunakan aplikasi FLO, dan sesuai dengan yang direncanakan pemerintah yaitu Multi Lane Free Flow. Perencanaan gerbang tol ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol, dan Standar Konstruksi dan Bangunan nomor 007/BM/2009. Tahap awal yang dilakukan dalam pengerjaan tugas akhir ini dimulai dari tahap pengumpulan data dan studi literatur, matriks asal tujuan, analisis tingkat kedatangan, analisis distribusi kendaraan, analisis waktu pelayanan, analisis intensitas gerbang, dan jumlah antrian. Hasil dari perencanaan tugas akhir ini akan didapatkan jumlah gerbang tol dan panjang antrian. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara melakukan survey pelayanan waktu gerbang tol yang akan dilaksanakan di gerbang tol Cengkareng. Metode survey yang digunakan adalah menghitung durasi waktu pelayanan menggunakan stopwatch.
Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan metode First In First Out (FIFO) dan MKJI 1997, didapatkan hasil untuk perencanaan gerbang tol Probolinggo – Banyuwangi pada gerbang Kraksaan arah masuk dan keluar terdapat 2 Gardu Tol Otomatis khusus, 2 Gardu Tol Otomatis, 1 gardu SLFF, dan 1 gardu OBU. Pada gerbang tol Paiton arah masuk dan keluar terdapat 1 Gardu Tol Otomatis khusus, 2 Gardu Tol Otomatis, 1 gardu SLFF, dan 1 gardu OBU. Pada gerbang tol Besuki arah masuk dan keluar terdapat 1 Gardu Tol Otomatis khusus, 2 Gardu Tol Otomatis, 1 gardu SLFF, dan 1 gardu OBU. Sedangkan untuk perencanaan Multi Lane Free Flow didapatkan hasil antrian 0 kendaraan dan delay 1-2 detik pada gerbang Kraksaan, antrian 0 kendaraan dan delay 1-2 detik pada gerbang Paiton, antrian 0 kendaraan dan delay 1-2 detik pada gerbang Besuki.
=====================================================================================================
Transportation in general is the movement of people or
objects from one place to another by using a vehicle driven by
humans or machines. Transportation is used to make it easier for
humans to carry out daily activities. A toll road is a road that is
dedicated to two or more axle vehicles (cars, trailer trucks, buses,
etc.) and aims to shorten the distance and travel time from one
place to another. However, often toll roads that aim to shorten
distances and time encounter obstacles. Obstacles occur due to
long queues at toll gates, therefore it is necessary to plan toll gates
in order to answer the above problems.
The method used in planning the Probolinggo -
Banyuwangi toll gate is First In First Out (FIFO) and for the basic
structure of the queue using Single Channel - Single Phase as the
basic structure in the queuing process using 3 system which is
GTO, On Board Unit (OBU), Single Lane Free Flow using the FLO
application, and in accordance with the government's plan, namely
Multi Lane Free Flow. This toll gate planning refers to the
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia nomor
16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol,
dan Standar Konstruksi dan Bangunan nomor 007/BM/2009. The
initial stages of this final project are data collection and literature
study, origin-destination matrix, arrival rate analysis, vehicle
distribution analysis, service time analysis, gate intensity analysis,
iv
and number of queues. The results of this final project planning
will get the number of toll gates and the length of the queue.
Primary data collection is carried out by conducting a toll gate
service survey which will be carried out at the Cengkareng toll
gate. The survey method used is to calculate the duration of service
time using a stopwatch.
After processing the data using the First In First Out
(FIFO) and MKJI 1997 methods, the results obtained for planning
the Probolinggo - Banyuwangi toll gate at the Kraksaan gate for
the entry and exit directions there are 2 special GTO, 2 GTO, 1
SLFF, and 1 OBU. At the Paiton toll gate for the entry and exit
directions, there are 1 special GTO, 2 GTO, 1 SLFF, and 1 OBU.
At the Besuki toll gate for entry and exit, there are 1 special GTO,
2 GTO, 1 SLFF, and 1 OBU. Meanwhile, for Multi Lane Free Flow
planning, the results are 0 vehicles queue and 1-2 second delay at
Kraksaan gate, 0 vehicle queue and 1-2 second delay at Paiton
gate, 0 vehicle queue and 1-2 second delay at Besuki gate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Gerbang Tol, Gerbang Tol Probolinggo-Banyuwangi, Single Lane Free Flow, Antrian, Multi Lane Free Flow
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fajar Ihsan Kresnandi
Date Deposited: 07 Aug 2021 07:25
Last Modified: 17 Sep 2024 02:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84994

Actions (login required)

View Item View Item