Pengukuran BOD/COD Kompos Dan Kegunaan Ilmiah Serta Pemanfaatan Praktiknya

Ayuningtyas, Anggita Tri (2021) Pengukuran BOD/COD Kompos Dan Kegunaan Ilmiah Serta Pemanfaatan Praktiknya. Undergraduate thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211740000078-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211740000078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya dalam penanggulangan penumpukan sampah adalah pembuatan kompos dimana kompos biasanya terbuat dari daun-daunan, jerami, alang-alang, rumput-rumputan, dedak padi, batang jagung, sulur, carang-carang serta kotoran hewan yang telah mengalami proses dekomposisi oleh mikroorganisme pengurai.
Dalam proses pembuatan kompos, diperlukan adanya ketentuan parameter-parameter tertentu yang menyatakan bahwa kompos tersebut sudah matang atau belum. Salah satu rasio yang sering digunakan adalah rasio BOD/COD. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi pengukuran tingkat kematangan kompos menggunakan rasio BOD/COD, relasi antara rasio BOD/COD dengan rasio yang umum digunakan yaitu rasio C/N, dan kajian penerapan pengukuran zat kompos menggunakan metode rasio BOD/COD.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dari tugas akhir ini adalah studi kasus dari riset yang dilakukan oleh Mangkoedihardjo (2006), dimana riset tersebut membahas limitasi penggunaan rasio C/N dan penggunaan rasio BOD/COD untuk menentukan fase perubahan pada kompos yang lebih absolut. Riset penerapan rasio BOD/COD menggunakan riset dari Laksono et al, (2016) dimana penambahan ZA berdasarkan uji toksisitas dan biodegradabilitas untuk penentuan kematangan kompos.
Hasil penelitian mengsimpulkan bahwa ada hubungan kolerasi linear antara BOD/COD dan C/N. Untuk tingkat kestabilan kompos adalah rasio BOD/COD < 0,1 dan rasio C/N < 14 jika BOD/COD > 0,1 dan C/N > 14 maka tidak stabil. Rasio BOD/COD dapat digunakan untuk mengetahui fase kompos. Untuk praktek sehari-hari kompos yang belom stabil (C/N > 14) dapat dibuat stabil dengan penambahan ZA sehinga hasil penelitian tersebut menunjukan confidence level 95% dan germination indeks > 60% dimana hasil tersebut dapat dipercaya.
====================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Compost, C/N, BOD/COD, BOD, COD, ZA Kompos
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD796.5 Composting
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anggita Tri Ayuningtyas
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:33
Last Modified: 09 Aug 2021 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85244

Actions (login required)

View Item View Item