Kajian Potensi Gas Rumah Kaca Dihubungkan Dengan Derajat Kejenuhan Jalan Pada 4 Jalan Utama Di Kecamatan Sidoarjo

Daviq, Mochammad (2021) Kajian Potensi Gas Rumah Kaca Dihubungkan Dengan Derajat Kejenuhan Jalan Pada 4 Jalan Utama Di Kecamatan Sidoarjo. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of DAVIQ_03211640000074.pdf] Text
DAVIQ_03211640000074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Sidoarjo merupakan daerah yang strategis bagi perkembangan perekonomian, pembangunan, dan merupakan pusat kota dan pemerintahan di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini berdampak langsung akan kebutuhan masyarakat pada sektor transportasi yang semakin meningkat. Peningkatan ini akan berdampak pada i). Peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) karena jumlah moda. Meningkatnya kejenuhan jalan dan meningkatnya konsumsi bahan bakar perjarak tempuh pada tiap moda transportasi. Kedua hal ini akan meningkatkan emisi gas buang ke udara, salah satunya adalah emisi CO2 sebagai Gas Rumah Kaca (GRK). Disisi lain jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) jumlahnya terbatas dalam penyerapan GRK. Maka dalam penelitian ini akan dipelajari hubungan antara derajat kejenuhan jalan dengan potensi emisi GRK-nya dan kecukupan RTH pada area yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan emisi GRK dan serapan RTH berdasarkan data-data lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang meliputi data traffic counting volume kendaraan dan membandingkan dengan derajat kejenuhan jalan di 4 ruas jalan Kecamatan Sidoarjo iperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo (DISHUB). Estimasi beban emisi CO2 dihitung berdasarkan pedoman IPCC menggunakan data aktivitas transportasi dari faktor emisi yang relevan. Sedangkan derajat kejenuhan jalan di Kecamatan Sidoarjo mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI). Kemampuan serapan GRK oleh RTH dihitung berdasarkan referensi serapan spesifik. Variabel dalam penelitian ini adalah volume traffic, klasifikasi jalan, derajat kejenuhan jalan dengan parameter uji adalah besaran emisi GRK. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Derajat kejenuhan pada tahun 2020 di 4 ruas jalan tersebut rata-rata sebesar 0,3 dengan emisi CO2 rata-rata sebesar 1,31 Ton CO2/Jam,. Potensi jumlah jumlah emisi CO2 pada tahun 2020 sebesar 40.409,7 Ton CO2/Tahun, 2) Serapan RTH publik eksisting pada 4 ruas jalan pada Tahun 2020 sebesar 1.045,0925 Ton CO2/Tahun dari jumlah emisi sebesar 40.409,7 Ton CO2/Tahun dengan Kapasitas penyerapan 2,5%. Jumlah RTH ini belum mencukupi untuk mereduksi potensi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: CO2, Kapasitas Jalan, GRK, RTH, Transportasi. CO2, Road Capacity, GHG, RTH, Transportation.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mochammad Daviq
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:40
Last Modified: 14 Nov 2025 02:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85321

Actions (login required)

View Item View Item