Alternatif Perencanaan Perkuatan Tanah dan Struktur Penahan Tanah pada Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung DK 2+080.60 - DK 2+540.00

Pratama, Fikri Hafidh (2021) Alternatif Perencanaan Perkuatan Tanah dan Struktur Penahan Tanah pada Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung DK 2+080.60 - DK 2+540.00. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000126-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000126-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan zaman, laju pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia menyebabkan peningkatan pada kebutuhan akan sarana dan prasarana transportasi. Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung adalah salah satu transportasi darat kereta yang sedang dikembangkan guna menjawab kebutuhan transportasi antara Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia dengan Kota Bandung sebagai Ibukota provinsi Jawa Barat. Pada ruas jalan DK 2+080.60 - DK 2+540.00 proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, tanah dasarnya didominasi oleh tanak lunak sehingga perlu diperkuat agar mampu untuk menahan beban – beban diatas jalan. Perkuatan tanah yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah CFG (Cement,Fly-Ash,Gravel) Pile dan RJG (Rotary Jet Grouting) Pile. Selain itu,
untuk mencegah terjadinya rembesan air ke dalam galian serta menambah kestabilan tanah maka dipasang struktur penahan tanah berupa Diaphragm Wall (D-Wall). Pada DK 2+306.00 – DK 2+450.00 struktur penahan tersebut dibuat berlapis dengan menambahkan RJG (Rotary Jet Grouting) Water Curtain pada sisi luar D-wall untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya rembesan.
Pada tugas akhir ini, variasi perkuatan tanah dan kombinasi struktur penahan yang berlapis diharapkan dapat dibuat lebih sederhana dengan melakukan optimasi perkuatan tanah eksisting menggunakan CFG pile dan merencanakan alternatif perkuatan tanah dengan menghilangkan pemampatan tanah menggunakan metode vacuum preloading dan PVD. Kemudian, alternatif struktur penahan tanah direncanakan dan dioptimasi menggunakan sheet pile.
Hasil perencanaan yang diperoleh berdasarkan analisa perhitungan untuk optimasi perkuatan tanah dengan CFG pile pada DK 2+080.60 – DK 2+160.00 dibutuhkan kedalaman pile sepanjang 5 m dan pada DK 2+160.00 – DK 2+396.00 dibutuhkan kedalaman pile sepanjang 3 m. Kemudian, dari hasil perhitungan untuk alternatif perencanaan perkuatan tanah dengan menghilangkan pemampatan didapatkan kebutuhan PVD sepanjang 10 m untuk tiap titik dengan jarak pemasangan 1 m dan pola pemasangan segitiga sehingga didapatkan total panjang PVD yang dibutuhkan yaitu 89080 m.
Pada perencanaan alternatif struktur penahan dengan
sheet pile diperoleh kedalaman yang dibutuhkan yaitu 25 m
dengan perencanaan sheet pile jenis corrugated concrete sheet pile (CCSP) tipe W-600 kelas B.
Berdasarkan hasil perencanaan dan analisa biaya
material, perkuatan tanah yang paling efektif dan efisien adalah alternatif perencanaan dengan optimasi perkuatan tanah menggunakan CFG pile dengan biaya total yang paling ekonomis sebesar Rp 1.863.643.030,- sedangkan untuk struktur penahan tanah yang paling efektif dan efisien adalah alternatif struktur penahan menggunakan sheet pile dengan biaya total yang lebih ekonomis sebesar Rp. 23.335.200.000,-.
==================================================================================================================
Along with the times, the high rate of population growth in Indonesia causes social and economic enhancements which have impact on the need for transportation facilities and infrastructure. The construction of Jakarta – Bandung high-speed railway project is one of the land transportation that is being developed to fulfill transportation needs between Jakarta as the capital city of Indonesia with Bandung as the capital of West Java. At DK 2+080.60 - DK 2+540.00 Jakarta-Bandung high-speed railway project, the subgrade is dominated by soft soil so it needs to be strengthened to be able to withstand the loads on the road. The soil reinforcement used are CFG (Cement, Fly-Ash, Gravel) Pile and RJG (Rotary Jet Grouting) Pile. In addition, to prevent seepage to braced cuts area and increase soil stability, a retaining structure Diaphragm Wall (D-Wall) is installed. At DK 2+306.00 – DK 2+450.00 the retaining structure is layered by adding RJG (Rotary Jet Grouting) Water Curtain on the outside of the D-wall to minimize the possibility of seepage.
In this final project, variations of soil reinforcement and combination of layered retaining structures are expected to be simplified by optimizing existing soil reinforcement using CFG piles and planning alternative soil reinforcement by eliminating settlement using vacuum preloading and PVD methods. Then, alternative retaining structures are planned and optimized using sheet piles.
The planning results obtained for optimization soil
reinforcement with CFG piles at DK 2+080.60 – DK 2+160.00
need piles depth of 5 m and at DK 2+160.00 – DK 2+396.00 need piles depth of 3 m. Then, for alternative soil reinforcement planning by eliminating settlement show that length of PVD needed is 10 m for each point with installation distance of 1 m and triangular pattern, so the total PVD length required is 89080 m.
In planning an alternative retaining structure with sheet
piles, the required depth is 25 m using a corrugated concrete sheet pile (CCSP) type W-600 class B.
Based on the results of planning and material cost
analysis, the most effective and efficient soil reinforcement is alternative planning with optimization of soil reinforcement using CFG piles with total cost of Rp. 1.863.643.030,- while for retaining structures, the most effective and efficient is the alternative retaining structure using sheet pile with total cost of Rp. 23.335.200.000,-.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CFG (Cement,Fly-Ash,Gravel) Pile, RJG (Rotary Jet Grouting) Pile, Diaphragm Wall (D-Wall), Preloading, Sheet Pile.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA760+ Retaining walls
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fikri Hafidh Pratama
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:48
Last Modified: 12 Aug 2021 08:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85713

Actions (login required)

View Item View Item