Implementasi Web Sistem Informasi Untuk Visualisasi Riwayat Berita Online Topik Covid-19 Di Indonesia

Refadi, Muhammad Naufal (2021) Implementasi Web Sistem Informasi Untuk Visualisasi Riwayat Berita Online Topik Covid-19 Di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111740000097-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111740000097-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB)

Abstract

Seluruh dunia saat ini sedang mengalami sebuah virus yang mematikan dan memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat bernama Coronavirus Disease of 2019 atau bisa disebut COVID-19. Virus ini telah menyebar dan memakan korban jiwa di seluruh negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri kasus pertama muncul pada 2 Maret dan sampai sekarang pada 30 Juny 2021, jumlah kasus virus COVID-19 terus meningkat. Banyak kejadian atau hal yang menarik yang dapat menggambarkan situasi pandemi di Indonesia seperti usaha pemerintah pusat atau daerah dalam mengatasi kenaikan kasus, situasi masyarakat saat diberlakukannya protokol kesehatan dan lain-lain. Dari kejadian itulah bisa digambarkan menjadi sebuah visualisasi yang dapat menggambarkan perjalanan COVID-19 di Indonesia.

Buku ini membahas tentang visualisasi berita tentang COVID-19 di Indonesia yang diambil dari portal berita online. Dipilihnya portal berita online karena selain sebuah media yang bisa menggambarkan situasi yang terjadi di Indonesia, juga portal media online memiliki data berita yang besar. Data berita tersebut akan diambil dengan melakukan web scraping dan akan diolah agar mendapatkan informasi sesuai dengan tema COVID-19 di Indonesia. Data yang telah diolah nantinya akan dilakukan pemrosesan teks dan klasifikasi teks untuk mencari dan memvisualisasikan topik berita yang terpopuler dari setiap tanggal. Hasil data tersebut nantinya akan divisualisasikan menjadi sebuah graph dan chart yang dapat membantu hasil analisa..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Indonesia, Portal Berita Online, Berita, Web Scraping, Visualisasi, Pemrosesan Teks,Klasifikasi Teks
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD108 Classification (Theory. Method. Relation to other subjects )
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Naufal Refadi
Date Deposited: 12 Aug 2021 13:35
Last Modified: 12 Aug 2021 13:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85871

Actions (login required)

View Item View Item