Evaluasi Penerapan Konsep Universal Design di Stasiun Surabaya Gubeng

Anjani, Aissyah Nabila (2021) Evaluasi Penerapan Konsep Universal Design di Stasiun Surabaya Gubeng. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211740000031-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08211740000031-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Universal design adalah sebuah pendekatan desain untuk suatu produk atau elemen dari fasilitas ruang publik sehingga dapat digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali, dimana tidak hanya oleh manusia yang sempurna, namun juga oleh orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti difabel dan lansia. Dengan diterapkannya universal design pada ruang publik, maka akan memberikan aksesibilitas dan kemudahan kepada semua orang untuk dapat menggunakan fasilitas/layanan yang ada di ruang publik tersebut. Stasiun Surabaya Gubeng merupakan salah satu public transportation terminal, yang sekaligus merupakan stasiun terbesar di Surabaya dan Jawa Timur, dan menjadi pusat di DAOP VIII Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan konsep universal design di Stasiun Surabaya Gubeng. Untuk mencapai tujuan tersebut, terlebih dahulu dilakukan identifikasi kriteria prinsip universal design yang dapat diterapkan di Stasiun Surabaya Gubeng dengan menggunakan alat analisis AHP (Analytical Hierarchy Process). Selanjutnya dilakukan penilaian penerapan konsep universal design di Stasiun Surabaya Gubeng berdasarkan penilaian kualitas pelayanan oleh pengguna, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis skoring.
Dari penelitian yang telah dilakukan, prinsip universal design yang menjadi prioritas kriteria untuk diterapkan di Stasiun Surabaya Gubeng adalah Low Physical Effort dan Tolerance of Error. Dimana pada indikator Low Physical Effort, yang menjadi sub-kriteria prioritas yaitu Posisi Tubuh, dan pada indikator Tolerance of Error, yang menjadi sub-kriteria prioritas yaitu Pelayanan Keamanan dan Kesehatan. Sedangkan berdasarkan penilaian pengguna, fasilitas yang masih memerlukan pengembangan yaitu fasilitas pada variabel Metode Penggunaan dan Penyampaian Informasi. Fasilitas pada kedua variabel tersebut belum mengakomodasi kebutuhan pengguna berkategori difabel dengan baik. Dengan adanya pengembangan fasilitas pada kedua variabel tersebut diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan dan memberikan kemudahan aksesibilitas kepada seluruh pengguna.
=======================================================================================================
Universal design is an approach to design products or elements of public space facilities to be used universally, not only by fit human beings, but also people with special needs, such as those with disabilities and elders. Application of universal design concept in public space can provide access and convenience to everyone to use its facilities. Surabaya Gubeng Station is one of the public transportation terminal, and also the biggest train station in Surabaya City. Besides, it is also the biggest train station in East Java and DAOP VIII Surabaya center.
This study aims to evaluate the universal design concept at Surabaya Gubeng Station. Identification of universal design criteria applicable at Surabaya Gubeng Station is carried out before the evaluation, using Analytical Hierarchy Process (AHP). The next step is to evaluate the application of universal design at Surabaya Gubeng Station based on service quality assessment by users, which was analyzed using scoring analysis.
This study concludes that Low Physical Effort and Tolerance of Error are two priority criteria of universal design to be applied at Surabaya Gubeng Station. The priority sub-criteria for Low Physical Effort is body position, and the priority sub-criteria for Tolerance of Error is Safe and Health Care Facilities. Meanwhile, based on users assessment/rating, facilities that still require improvement are the facilities under the Method of Use and Information Submission variables. The facilities in these two variables have not properly accommodated the needs of users with disabilities. Improvement of the aforementioned hopefully can accommodate the needs and provide accesibility to all users.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Universal Design, Train Station, Public Space, Universal Design, Stasiun Kereta Api, Ruang Publik
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9051 Residential areas. Site planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aissyah Nabila Anjani
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:33
Last Modified: 11 Aug 2021 13:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85957

Actions (login required)

View Item View Item