Pembangunan Aplikasi Monitoring Program Kerja Bidang Teknologi Informasi PT PJB Menggunakan Konsep Software Development Life Cycle dengan Metode Waterfall

Prayoga, Hisam Widi and Ramadani, Hendra (2021) Pembangunan Aplikasi Monitoring Program Kerja Bidang Teknologi Informasi PT PJB Menggunakan Konsep Software Development Life Cycle dengan Metode Waterfall. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 05111740000026_05111740000055-Project_Report.pdf]
Preview
Text
05111740000026_05111740000055-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Monitoring program kerja di bidang BTIF PT PJB masih menggunakan cara lama, yaitu menggunakan spreadsheet dan belum ada sistem yang dapat mengelola dan memonitor program kerja di bidang BTIF. Selain pengelolaan program kerja, pengelolaan terkait permintaan juga masih dikelola secara manual melalui sebuah spreadsheet, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengelola dan memonitor program kerja dan permintaan secara keseluruhan yang terdapat di bidang BTIF. Selain itu, sistem juga dapat melakukan change request dari sebuah permintaan menjadi program kerja.
Oleh sebab itu, penulis mengusulkan sebuah solusi, yaitu pembuatan sistem monitoring di bidang BTIF dengan menggunakan konsep Software Development Life Cycle. Konsep tersebut akan diterapkan menggunakan metode waterfall, dimana merupakan metode pembuatan suatu aplikasi dengan beberapa tahapan, yaitu dimulai dari analisis kebutuhan, desain aplikasi, pengembangan aplikasi, deployment aplikasi, dan testing aplikasi. Tahapan tersebut akan dilakukan secara berurutan, dari awal hingga akhir tahapan.
Sistem monitoring yang dibuat akan menggunakan arsitektur berbasis kontainer pada deployment-nya, dimana akan membagi sistem menjadi beberapa bagian sesuai fungsionalitasnya. Sistem monitoring juga akan diuji coba pada tiap fungsional yang dibuat pada sistemnya, sehingga hasil yang didapatkan adalah terbuatnya aplikasi BTIF Monitoring yang berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Lunak, Software Development Life Cycle, Container
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A63 Application program interfaces
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: HISAM WIDI PRAYOGA
Date Deposited: 14 Aug 2021 15:29
Last Modified: 04 Apr 2023 08:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/86036

Actions (login required)

View Item View Item