Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Biji Sorgum Dengan Menggunakan Sistem Pemasangan Antar Batu Gerinda Bersela-sela 9mm

Amal, Ihlasul (2021) Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Biji Sorgum Dengan Menggunakan Sistem Pemasangan Antar Batu Gerinda Bersela-sela 9mm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211710010081-Undergraduate_Thesis for D4 program.pdf] Text
10211710010081-Undergraduate_Thesis for D4 program.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Alumni D3 Mesin ITS yaitu Radhita dan Bachtiar telah membuat mesin pengupas kulit biji sorgum generasi pertama. Mesin sorgum ini menggunakan roll batu gerinda yang ditumpuk menjadi satu kesatuan. Akan tetapi mesin ini masih mempunyai banyak kekurangan yaitu perlunya melakukan 4 – 5 kali penyosohan agar biji sorgum bersih dan juga banyaknya biji sorgum yang pecah. Oleh karena itu dirancang mesin pengupas kulit biji sorgum dengan menggunakan sistem pemasangan roll batu gerinda bercelah untuk meningkatkan produktivitas mitra petani sorgum Proses pembuatan mesin diawali dari menginput data mesin terdahulu sebagai sumber referensi. Setelah itu pembuatan mesin diawali dari merancang mekanisme dan bentuk roll penyosoh. Perhitungan dimulai dengan mencari gaya pengupasan pada biji sorgum, gaya pengerolan dan kapasitas yang dihasilkan oleh mesin. Setelah pembuatan mesin, mencari gaya pengupasan yang terjadi pada biji sorgum(melalui percobaan), jumlah sosoh agar mendapatkan biji sorgum yang bersih dan dilakukan pengujian mengenai kapasitas sesungguhnya dari mesin pengupas kulit biji sorgum Hasil analisa uji coba mesin didapatkan gaya pengupasan 98,1 N dan dari perhitungan daya motor penggerak sebesar 1,5 HP dihasilkan putaran 1200 rpm. Didapatkan 2-3 kali penyosohan agar biji sorgum bisa bersih. Kapasitas produksi yang dihasilkan sebesar 73,61 kg/jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alumni D3, sorgum, penyosohan, sistem roll D3 Alumni, sorgum, polishing, roll system
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering
Depositing User: Ihlasul Amal
Date Deposited: 14 Aug 2021 04:11
Last Modified: 14 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/86151

Actions (login required)

View Item View Item