Identifikasi Faktor Keberhasilan Implementasi Massive Open Online Course Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Dengan Pendekatan Socio-Technical System

Jan, Juan (2021) Identifikasi Faktor Keberhasilan Implementasi Massive Open Online Course Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Dengan Pendekatan Socio-Technical System. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of dobel] Text (dobel)
05211740007005-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masa wabah pandemi Covid-19 mendorong berbagai kalangan tak terkecuali pihak akademisi untuk melakukan aktivitas secara online. Salah satu teknologi yang marak diterapkan pada saat pandemi ini adalah Massive Open Online Course (MOOC). MOOC merupakan salah satu teknologi pendidikan online yang dapat diakses secara global dan terbuka untuk banyak orang tanpa ada batasan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu perguruan tinggi yang berencana untuk menyelenggarakan pendidikan secara online melalui MOOC. Meskipun memberikan banyak manfaat di dunia pendidikan, penerapan MOOC dikatakan masih memiliki berbagai macam tantangan. Kegagalan terbesar saat implementasi MOOC terjadi pada aspek interaksinya dengan pengguna yakni rendahnya jumlah partisipan yang menuntaskan pembelajaran MOOC. Agar penerapan MOOC di ITS dapat berjalan dengan sukses maka dirasa perlu dilakukannya identifikasi terhadap faktor keberhasilan penerapan MOOC di ITS yang sedang direncanakan tersebut. Melalui penelitian ini dilakukan identifikasi faktor-faktor keberhasilan MOOC di ITS menggunakan pendekatan Socio-technical System (STS). STS merupakan pendekatan yang berprinsip bahwa suatu organisasi merupakan gabungan antara technical system dan social system. Penggunaan STS sebagai pendekatan dalam mengembangkan suatu teknologi dapat mengurangi gap sekaligus mengoptimalkan interaksi antar kedua sistem yang telah disebutkan. Dalam penelitian ini identifikasi faktor keberhasilan penerapan MOOC di ITS dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Perolehan data dan informasi dari penyebaran kuesioner dianalisis dan dikonsultasikan kepada expert agar didapatkan faktor keberhasilan. Faktor keberhasilan ini didasari pada aspek dalam pendekatan STS yakni structure, actors, tasks, dan technology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi MOOC di ITS dapat dipengaruhi oleh enam faktor pada aspek structure dengan faktor biaya sebagai faktor utama, empat faktor pada aspek actor dengan faktor motivasi pelajar sebagai faktor utama, enam faktor pada aspek task dengan faktor interaktif pembelajaran sebagai faktor utama, dan satu faktor pada aspek technology yakni faktor teknologi yang mendukung proses pembelajaran. Faktor keberhasilan ini dapat digunakan oleh pihak pengembang MOOC ITS sebagai hal yang perlu mereka perhatikan ketika ingin merancang MOOC agar sesuai dengan kebutuhan para pelajar. Jadi, dengan memperhatikan hal-hal tersebut, rencana implementasi MOOC di ITS diharapkan dapat berjalan dengan tepat sasaran.

==================================================================================

Covid-19 pandemic outbreak encouraged various groups, including academics, to carry out online activities. One of the technologies that were widely applied during this pandemic was Massive Open Online Course (MOOC). MOOC is an online education technology that can be accessed globally and is open to many people without any restrictions. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) is one of the institutions that plan to provide online education through MOOC. Although it provides quite benefits in education, implementing MOOC is still said to have various kinds of challenges. One of the biggest failures that occur when implementing MOOC is in the interaction aspect with users, namely the low number of participants who completed MOOC learning. To achieve successful MOOC implementation in ITS, it is necessary to identify the success factors of implementing the MOOC in ITS that are being planned. Through this research, we identified the success factors of MOOC at ITS using the Socio-Technical System (STS) approach. STS is an approach based on the principle that an organization is a combination of a technical system and a social system. The use of STS as an approach in developing technology can reduce the gap while optimizing the interaction between the two systems that have been mentioned. In this study, the success factor for the implementation of MOOC at ITS was carried out using qualitative research. Obtaining data and information from distributing questionnaires were analyzed and consulted to experts to obtain success factors. This success factor is based on the STS approach, namely structure, actors, tasks, and technology. The findings revealed that six factors in the structure aspect, with cost as the main factor, four factors in the actor aspect, with student motivation as the main factor, six factors in the task aspect, with interactive learning as the main factor, and one factor in the technology aspect, namely the technology supporting the learning process, could influence the success of MOOC implementation at ITS. This success factor can be utilized by ITS MOOC developers as a checklist of items to consider when creating MOOCs that are based on the needs of students. As a result of paying attention to these factors, the ITS MOOC implementation strategy is projected to succeed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MOOC, ITS, Faktor Keberhasilan, Socio-technical System, Success Factor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education (e-learning). Virtual reality in education.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Juan Jan
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:29
Last Modified: 14 Aug 2021 02:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/86493

Actions (login required)

View Item View Item