SISTEM PENGUKURAN UNTUK EKSPERIMEN DIVERSITAS KOOPERATIF PADA SISTEM KOMUNIKASI DENGAN GELOMBANG ANGKASA HF

OKTAVIANO, MUHAMMAD ADITYA RIZALDI (2016) SISTEM PENGUKURAN UNTUK EKSPERIMEN DIVERSITAS KOOPERATIF PADA SISTEM KOMUNIKASI DENGAN GELOMBANG ANGKASA HF. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100153-Abstract.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2212100153-Conclusion.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2212100153-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem komunikasi HF sangat berguna apabila ingin berkomunikasi dengan jarak ribuan kilometer dengan memanfaatkan pantulan lapisan ionosfer. Dengan menerapkan pengukuran secara langsung dapat membantu dalam verifikasi data yang hasilnya nanti dapat dibandingkan dengan hasil simulasi. Salah satu teknik dalam pengukuran sistem komunikasi HF dengan adalah dengan menerapkan teknik Diversitas Kooperatif Dalam sistem pengukuran HF dengan menggunakan metode Diversitas Kooperatif ini, jauhnya jarak pemancar dan penerima tidak menjadi masalah, dengan syarat kondisi ionosfer harus dapat memantulkan sinyal yang dipancarkan pemancar ke penerima. Maka dari itu perlu ditentukan berapa besar daya yang dibutuhkan agar sinyal yang dipancarkan bisa berhasil dikirimkan, dari hasil pengujian didapatkan nilai daya pancar untuk frekuensi 7 MHz dan 14 MHz adalah sekitar 4-15 watt. Nilai daya ini perlu dikuatkan kembali sampai dengan nilai daya pancar minimal yang dibutuhkan yaitu sebesar 40-50 watt dengan menggunakan amplifier. Kemudian dari sisi pemancar harus menggunakan Low Pass untuk memeastikan tidak ada harmonisa yang diakibatkan distorsi intermodulasi. Ini penting agar tidak menganggu pengguna frekuensi disekitar. Setelah melakukan pengukuran, akan didapatkan bentuk sinyal dan hasil berupa besar daya yang diterima masing-masing dari pemancar dan relay. Kemudian dengan menerapkan tiga metode Kooperatif yaitu MRC, SC, dan EGC untuk melihat SNR terbaiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.381 536 Okt s
Uncontrolled Keywords: Sistem Komunikasi HF, Teknik Diversitas Koperatif, Instumentasi Pengukuran, HF Communication System, Techniques Cooperative Diversity, Measurement Instruments.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.5 Modulation (Electronics), Demodulation (Electronics)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:37
Last Modified: 27 Dec 2018 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item