Mulya, Raymond Danielle (2021) Analisis Pengaruh Variasi Material Abrasif Dan Tekanan Udara Thermal Spray Aluminum Coating Terhadap Ketahanan Adhesi Dan Laju Korosi Pada Lingkungan Laut. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
Raymond Danielle Mulya_Buku TA.pdf - Accepted Version Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
Raymond Danielle Mulya_Buku TA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Suatu struktur bangunan laut harus mampu bertahan pada lingkungan laut selama desain usia yang ditetapkan. Namun seringkali bangunan laut mengalami penurunan integritas struktur sebelum usia beroperasinya tercapai. Salah satu penyebabnya ialah korosi. Coating menjadi pilihan yang paling sering digunakan karena dinilai ekonomis dan mudah diterapkan. Salah satu jenis coating yang sering dipilih pada industri maritim adalah thermal spray aluminium karena ketahanannya dalam menjaga struktur dari korosi dalam waktu yang lama. Tekanan udara saat proses aplikasi coating ini menjadi faktor yang penting untuk menghasilkan performa coating yang baik. Selain itu tahap surface preparation juga menjadi proses yang sangat menentukan performa coating. Metode yang paling sering dipilih adalah blasting. Salah satu faktor penting dalam tahap ini ialah pemilihan material abrasif yang digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh variasi material abrasif dan tekanan udara thermal spray aluminium coating pada baja ASTM A36 terhadap kekuatan adhesi dan ketahanan korosi di lingkungan laut. Material baja akan diblasting dengan dua jenis material abrasif yaitu garnet dan aluminium oxide, kemudian material uji akan dilapisi aluminium menggunakan metode electric arc wire spray dengan variasi tekanan 2,5 bar; 3,5 bar; dan 4,5 bar. Berikutnya dilakukan pengujian kekuatan adhesi dengan metode pull-off adhesion test dan laju korosi dengan metode sel tiga elektroda. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan adhesi tertinggi diperoleh material abrasif aluminium oxide dengan tekanan 4,5 bar sebesar 12,2 MPa dan adhesi terendah pada material abrasif garnet dengan tekanan 2,5 bar sebesar 6,3 MPa. Hal ini menunjukkan baik peningkatan kekasaran permukaan maupun peningkatan tekanan udara sama-sama berdampak pada peningkatan daya lekat (adhesi) coating dengan substrat. Berikutnya pada pengujian laju korosi menghasilkan laju korosi terendah diperoleh material abrasif garnet dengan tekanan 4,5 bar sebesar 0,001 mm/yr dan laju korosi tertinggi diperoleh material abrasif aluminium oxide dengan tekanan 2,5 bar sebesar 0,101 mm/yr. Berdasarkan hasil pengujian laju korosi dapat disimpulkan bahwa bertambahnya tekanan berbanding lurus dengan peningkatan performa coating dalam menahan korosi, sedangkan peningkatan kekasaran permukaan berbanding terbalik dengan performa coating dalam menahan korosi.
=================================================================================================
A marine structure must be able to withstand the marine environment for a specified design life. However, marine structures often decline their structural integrity before they reach their expected design life. One of the problems is corrosion. The coating is the choice
most often used because it is considered economical and easy to apply. One type of coatingchosen in the maritime industry is thermal spray aluminum because of its resistance to protecting structures from corrosion for a long time. The air pressure during the coatingapplication process is an essential factor to produce a good coating performance. Besides, the surface preparation stage is also a process that significantly determines the performance of the coating. The method most often chosen is blasting. One of the essential factors in this
stage is the choice of the abrasive material to be used. This research was conducted toanalyze the effect of variations in abrasive materials and air pressure on thermal spray aluminum coating on ASTM A36 steel on adhesion strength and corrosion resistance in
marine environments. The steel material will be blasted with two types of abrasive materials, particularly garnet and aluminum oxide. The test material will be coated with aluminum using the electric arc wire spray method with a pressure variation of 2.5 bar, 3.5 bar, and 4.5
bar. Next, the adhesion strength test was carried out using the pull-off adhesion test method and the corrosion rate test using the three-electrode cell method. The results showed that the highest adhesion strength obtained was aluminum oxide abrasive material with a pressure of 4.5 bar at 12.2 MPa and the lowest adhesion to garnet abrasive material with a pressure of
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adhesi, Korosi, Material Abrasif, Tekanan Udara, Thermal Spray Aluminium Coating, Adhesion, Corrosion, Thermal Spray Aluminum Coating, Air Pressure,Abrasive Material |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Raymond Danielle Mulya |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 05:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:19 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/86904 |
Actions (login required)
View Item |