Syalsabila, Ferdita (2021) Analisis Sambungan Struktur Rangka Apung Akibat Arus dan Gelombang pada Keramba Jaring Apung Berbasis Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04311740000003_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Sektor akuakultur lepas pantai menjadi sektor penting dan berkorelasi dengan banyak aspek yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Akuakultur membutuhkan sistem keramba jaring apung dalam operasinya. Salah satu komponen utama pada keramba jaring apung adalah rangka apung, terutama pada bagian sambungan atau bracket. Bagian ini terpengaruh oleh gaya gelombang, gaya tarik jaring akibat arus, dan gaya tarik tali tambat. Maka dari itu, penulis akan menganalisis struktur sambungan rangka apung akibat arus dan gelombang menggunakan perangkat lunak berbasis metode elemen hingga. Analisis numerik akan menghasilkan deformasi dan tegangan yang terjadi pada bracket dengan jaring. Model numerik dibuat berdasarkan data eksperimen penelitian sebelumnya dengan model keramba collar cage. Model hidrodinamika mengacu pada persamaan Morison. Material rangka apung menggunakan High-density polyethylene sedangkan tali tambat dan jaring menggunakan polyamide. Hasil model numerik tersebut divalidasi dengan membandingkan gaya tarik tali tambat hasil eksperimen dan numerik penelitian lain. Setelah divalidasi, hasil model numerik tersebut digunakan untuk dilakukan analisis secara global untuk melihat distribusi deformasi dan gaya tarik dengan variasi satu dan dua pipa rangka apung. Selanjutnya, analisis lokal dilakukan pada bracket rangka apung dengan mempertimbangkan tegangan maksimum, gaya tarik jaring dan tali tambat maksimum. Tegangan maksimum terjadi pada bagian leher bracket dan sambungan antara pipa horizontal dan bagian luar. Sedangkan deformasi maksimum terjadi pada sambungan antara pipa horizontal dan bracket bagian luar.
======================================================================================================
Aquaculture becomes an important industry and associates with many targets of sustainable development goals. As the aquaculture industries go forward to offshore, the design of the net cage must be able to withstand extreme sea condition. One of the vulnerable parts of offshore aquaculture net cage is the floater, especially at the bracket. There is load transfer in the bracket from net drag force, mooring tension, and horizontal force of the wave. Thus, this study aims to analyse the bracket under current and wave using the finite element method. Hydrodynamic force based on the Morison formula. The numerical model was validated with the data obtained from corresponding experimental and numerical tests. On the basis, using the environmental condition in Pangandaran, Indonesia, the structure will be simulated globally to obtain the deformation and tension. The simulations of the fish cage consist of single and double pipe. Then, the bracket at the floater will be analysed locally to get the deformation and stress distribution. The maximum stress and deformation occurs at the connection between the horizontal and outer pipe of the bracket.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bracket, Metode elemen hingga, Rangka apung, Akuakultur lepas pantai Bracket, Finite element method, Floating net cage bracket, Offshore aquaculture structural analysis |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC363 Floating harbors. Including floating docks, piers, etc |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ferdita Syalsabila |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 02:48 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 02:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/86940 |
Actions (login required)
View Item |