Analisis Penilaian Kerusakan Jalan Dan Metode Perbaikan Perkerasan Di Jalan Tambak Sari-Bunbarat. Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Irianto, Arief Dharmawan (2021) Analisis Penilaian Kerusakan Jalan Dan Metode Perbaikan Perkerasan Di Jalan Tambak Sari-Bunbarat. Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000136_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000136_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Tambak Sari-Bunbarat di Kecamatan Rubaru,
Kabupaten Sumenep, Jawa Timur adalah salah satu jalan
penghubung Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan
dengan kelas jalan kabupaten. Jalan sepanjang kurang lebih 4,44km ini mengalami kerusakan berupa jalan berupa retak-retak (crack), lubang (potholes), alur (ruting) dan perubahan bentuk (distorsion). Kerusakan tersebut terjadi akibat muatan kendaraan berat yang mengangkut material hasil tambang galian C.
Dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan analisis penilaian
kondisi jalan menggunakan metode Bina Marga. Dalam metode
Bina Marga hasil akhirnya berupa urutan prioritas. Urutan
prioritas ini dibagi menjadi 3 kriteria yaitu, kriteria pertama dengan urutan prioritas 0 – 3, urutan prioritas 4 – 6 dan urutan prioritas 7. Setiap kriteria memiliki penanganan yang berbeda, urutan prioritas 0 – 3 penangannya berupa peningkatan jalan, urutan prioritas 4 – 6 penanganannya berupa pemeliharaan berkala, urutan prioritas 7 penangannya berupa pemeliharaan rutin. Untuk penanganan pada ruas Jalan Tambak Sari-Bunbarat akan dilihat dari nilai urutan prioritasnya, jika nilai urutan prioritas pada ruas Jalan Tambak Sari-Bunbarat hanya membutuhkan pemeliharaan maka tidak diperlukan perencanaan ulang perkerasan jalan. Jika dibutuhkan peningkatan jalan maka akan direncanakan perbaikan kerusakan perkerasan menggunakan perkerasan lentur. Perencanaan tebal struktur perkerasan lentur direncanakan menggunakan metode Bina Marga 2017 dengan usia 20 tahun. Dalam perencanaan, ada dua jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil analisis, ruas Jalan Tambak Sari�Bunbarat membutuhkan pemeliharaan dengan cara penangananyang berbeda-beda pada tiap segmennya dan membutuhkan biaya sebesar Rp. 512.086.000.
==============================================================================================
Tambak Sari-Bunbarat Road in Rubaru District, Sumenep
Regency, East Java is one of the roads connecting Sumenp Regency and Pamekasan Regency with the district road class. This 4.44km long road has been damaged in the form of cracks, potholes, grooves and distortion. The damage occurred due to heavy vehicle loads carrying material from the C excavated mine.
In this final project, an analysis of road condition
assessment will be carried out using the Bina Marga method. In the Bina Marga method, the final result is a sequence of priorities. This priority order is divided into 3 criteria, namely, the first criterion with a priority order of 0 – 3, a priority order of 4 – 6 and
a priority order of 7. Each criterion has a different treatment, the priority order of 0 – 3 is road improvement, the priority order is 4 – 6 the handling is in the form of periodic maintenance, the priority order of 7 handlers is in the form of routine maintenance. For the handling of the Tambak Sari-Bunbarat road section, it will be seen from the value of the order of priority, if the priority order value on the Tambak Sari-Bunbarat Road section only requires maintenance, then there is no need to re-plan the pavement. If road improvement is needed, it will be planned to repair pavement damage using flexible pavement. The planning of the thickness of the flexible pavement structure is planned using the 2017 Bina Marga method with an age of 20 years. In planning, there are two types of data used, primary data and secondary data.
Based on the analysis results, Tambak Sari-Bunbarat
Road needs maintenance with different handling methods in each segment and requires a cost of Rp. 512.086.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Traffic Characteristics, Road Damage, Flexible Pavement, Karakteristik Lalu Lintas, Kerusakan Jalan, Perkerasan Lentur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arief Dharmawan Irianto
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:53
Last Modified: 16 Aug 2021 06:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87001

Actions (login required)

View Item View Item