Analisis Kekuatan Struktur Dermaga Apung Dengan Passenger Ship 116 GT (Studi Kasus : Pelabuhan Sanur Provinsi Bali)

Buana, Eliezer Bertram Free (2021) Analisis Kekuatan Struktur Dermaga Apung Dengan Passenger Ship 116 GT (Studi Kasus : Pelabuhan Sanur Provinsi Bali). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Buku TA_04311740000086_Eliezer Bertram.pdf] Text
Buku TA_04311740000086_Eliezer Bertram.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dermaga merupakan salah satu sarana transportasi laut utama yang terus dikembangkan agar dapat menunjang aktivitas pemerataan dan memajukan perekonomian masyarakat. Pengembangan dermaga akan mendukung aktivitas persebaran barang melalui kegiatan bongkar dan muat barang yang aman dan nyaman. Bali merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Pembangunan Dermaga Apung Sanur juga akan menciptakan konektivitas yang baik antara wilayah di Bali yang dapat menjadi tambahan tujuan wisata sehingga para turis bisa berlibur lebih lama di Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan struktur dermaga apung melalui analisis terhadap pembebanan yang diterima oleh struktur dan ketahanan yang dimiliki tiang pancang sehingga dapat melakukan perancangan terkait pemasangan tiang pancang dermaga apung yang kuat dan aman. Dalam proses analisis yang dilakukan, penulis menggunakan bantuan software Plaxis 3D Foundation untuk memodelkan tanah dan AutoCAD 2018 dalam membuat layout pemasangan tiang pancang dermaga apung. Hasil analisis menunjukkan bahwa agar dermaga apung dapat menerima gaya yang bekerja pada struktur HDPE maka Long Fender Orange HMWHDPE dan Big Black Bollard HMWHDPE merupakan pilihan yang tepat. Tiang pancang memiliki nilai gaya lateral (H) sebesar 1907 kg dengan defleksi sebesar 0,19 mm. Semakin banyak jumlah tiang pancang yang dipasang pada dermaga apung menghasilkan perubahan tanah yang semakin besar juga.
=====================================================================================================
Pier is one of the main sea transportation facilities that continues to be developed in order to support equitable distribution activities and advance the community's economy. The development of the pier will support the distribution of goods through safe and comfortable loading and unloading activities. Bali is one of the main tourist destinations in Indonesia. The construction of the Sanur Floating Pier will create good connectivity between areas in Bali which can become an additional tourist destination so that tourists can vacation longer in Bali. The purpose of this study was to determine the strength of the floating jetty structure through an analysis of the loading received by the structure and the resistance of the piles so that they can carry out designs related to the installation of strong and safe floating dock piles. In the analysis process carried out, the author uses the help of Plaxis 3D Foundation software to model the soil and AutoCAD 2018 in making the layout for the installation of floating dock piles. The results of the analysis show that in order for the floating dock to accept the forces acting on the HDPE structure, Long Fender Orange HMWHDPE and Big Black Bollard HMWHDPE are the right choices. The pile has a lateral force value (H) of 1907 kg with a deflection of 0.19 mm. The greater the number of piles installed on the floating pier, the greater the soil changes as well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bollard, defleksi, dermaga apung, fender, tiang pancang. bollard, deflection, fender, pier, pile.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eliezer Bertram Free Buana
Date Deposited: 17 Aug 2021 20:25
Last Modified: 17 Aug 2021 20:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87027

Actions (login required)

View Item View Item