Kharisma, Mohammad Adam (2021) Desain Kapal Ikan Dengan Hybrid Propulsion System Menggunakan Combustion Engine dan Electric Motor Untuk Daerah Pasuruan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04111440000011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Mesin penggerak kapal ikan umumnya menggunakan mesin berbahan bakar minyak (BBM). Penggunaan BBM yang semakin banyak dapat meningkatkan polusi udara. Dengan ketersediaan energi fosil yang semakin menipis, membuat harga BBM cenderung naik. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan biaya operasional kapal. Suara bising dari mesin BBM akan mempengaruhi ikan untuk bergerak manjauhi kapal. Pada penelitian ini, akan dilakukan desain kapal ikan berpenggerak combustion engine menjadi berpenggerak hybrid. Pengerak kapal yang akan digunakan adalah mesin BBM biasa yang sudah umum digunakan, dikombinasikan dengan motor listrik untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Kapal berpenggerak hybrid memliki efisiensi yang lebih baik dibandingkan kapal berpenggerak mesin BBM konvensional. Analisa konstruksi tidak dilakukan secara mendalam. Kapal ini memiliki payload 2 ton dengan ukuran utama Panjang (L) 11 m; Lebar (B) 2.7 m; Tinggi (H) 0.9 m; Sarat (T) 0.6 m; serta Kecepatan Dinas (Vs) 10 knot saat menggunakan mesin diesel dan 5 knot saat menggunakan motor listrik. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel Vetuz Deutz DTA66 189kW dan motor listrik Elco EP-6 3 HP. Kapal menggunakan 3 unit panel surya dengan 3 baterai untuk menyimpan energi listrik dan kapasitas tanki bakan bakar yang digunakan sebesar 33 L. Biaya pembangunan total kapal ikan hybrid sebesar Rp 1.401.034.719 dan biaya operasional per tahun adalah Rp 487.574.006.
================================================================================================
Fishing vessel engines generally use fuel oil. Increasing the use of fuel can cause air pollution. With the decreasing availability of fossil energy, fuel prices tend to rise. This will affect increasing the operating costs of the ship. The noise from the fuel engine will affect the fish to move away from the ship. In this research, a combustion engine of fishing vessels will be designed to be hybrid. The propulsion engine used fuel engine/combustion engine, combined with an electric motor to save fuel usage. Ship with hybrid propulsion has better efficiency than ships with a conventional fuel engine. Construction analysis is not done in depth. This ship has a payload of 2 tons with a main dimention Length (L) 11 m; Width (B) 2.7 m; Height (H) 0.9 m; Draught (T) 0.6 m; and Service Speed (Vs) 10 knots using a diesel engine and 5 knots using an electric motor. The engine used is a 189kW Vetuz Deutz DTA66 diesel engine and a 3 HP Elco EP-6 electric motor. The ship uses 3 units of solar panels with 3 batteries to store electrical energy and the fuel tank capacity is 33 L. The total construction cost of hybrid fishing vessel is Rp. 1,401,034,719 and the operational cost per year is Rp. 487,574,006.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hybrid, Kabupaten Pasuruan, kapal ikan, motor listrik, panel surya, electric motor, fishing vessel, Pasuruan District, solar panel |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering V Naval Science > VM431 Fishing boats V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mohammad Adam Kharisma |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 17:53 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 17:53 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/87149 |
Actions (login required)
View Item |