PROFILING PENGGUNA UNTUK IDE ZEDEMY BERDASARKAN SEGMENTASI PASAR

Putri, Aris Purwanti (2021) PROFILING PENGGUNA UNTUK IDE ZEDEMY BERDASARKAN SEGMENTASI PASAR. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000079-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000079-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rintisan bisnis Zedemy merupakan ide bisnis yang berupa platform pembelajaran online. Platform berbasis website ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mewadahi kebutuhan genZ dalam menggunakan teknologi yang menunjang kegiatan belajar. Zedemy diharapkan bisa menjawab tantangan genZ sebagai salah satu platform pembelajaran online terbaik yang pernah digunakan.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui segmentasi mana saja yang akan menjadi tujuan utama Zedemy dalam meraih dan menguasai pasar tersebut. Metodologi yang dilakukan terdapat tiga tahapan utama. Tahap pertama adalah melakukan segmentasi pasar, yang bertujuan untuk menghasilkan diagram pohon segmentasi dan digunakan untuk pondasi awal dalam melakukan pengelompokan pelanggan secara homogen, dan dilanjutkan dengan perhitungan Total Addressable Market untuk mengetahui bagaimana ukuran pasar yang ada dengan melakukan perkalian antara transaksi dan jumlah pengguna. Tahap kedua menentukan target segmentasi, bertujuan untuk mengetahui sasaran pengguna yang akan dijadikan pijakan pertama. Tahapan ketiga yaitu validasi dan visualisasi user persona, tujuannya adalah untuk mengetahui aktivitas dan keseharian apa yang dilakukan oleh persona terpilih, serta problem yang dialami dalam melakukan aktivitasnya. Selanjutnya akan dilakukan visualisasi dari hasil validasi yang sudah dilakukan.
Hasil dari penelitian ini adalah pemilihan beachhead market pelanggan ada pada Industry Pendidikan Menengah Pertama dengan End User nya Siswa Kelas IX, disusul dengan Industry Pendidikan Menengah Atas dengan End User nya Siswa Kelas XII, dan yang terakhir Industry Perguruan tinggi dengan End User nya mahasiswa Semester 8. Permasalahan yang terjadi dalam masing masing calon persona akan divalidasi dan didapatkan permasalahan seperti kurang nya sinkronisasi platform, penggunaan data, dan ruang penyimpanan.
===========================================================
Zedemy's business startup is a business idea in the form of an online learning platform. This website-based platform has a main function, namely, to accommodate the needs of GenZ in using technology that supports learning activities. Zedemy is expected to be able to answer the challenge of genZ as one of the best online learning platforms ever used.
This research is intended to find out which segmentation will be Zedemy's main goal in reaching and controlling the market. The methodology carried out consists of three main stages. The first stage is market segmentation, which aims to produce a segmentation tree diagram and is used for the initial foundation in conducting homogeneous customer grouping and continued with the calculation of the Total Addressable Market to find out how the size of the existing market is by multiplying the transaction and the number of users. The second stage is determining the segmentation target, aiming to find out the target users who will be used as the first step. The third stage is the validation and visualization of the user persona, the goal is to find out what activities and daily activities are carried out by the selected persona, as well as the problems experienced in carrying out their activities. Furthermore, a visualization of the validation results will be carried out.
The results of this study are the beachhead market customer selection is in the Junior Secondary Education Industry with End Users for Class IX students, followed by the High Education Industry with End Users for Class XII students, and the last is the Higher Education Industry with End Users for Semester 8 students. Problems that occur in each prospective persona will be validated and problems such as lack of platform synchronization, data usage, and storage space will be found.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Zedemy, Segmentasi Pasar, User Persona, beachhead market, Total Addressable Market, Zedemy, Segmentasi Pasar, User Persona, beachhead market, Total Addressable Market
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aris Purwanti Putri
Date Deposited: 16 Aug 2021 09:48
Last Modified: 16 Aug 2021 09:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87247

Actions (login required)

View Item View Item