KAJIAN PREFERENSI PENGGUNA PARK AND RIDE TERMINAL INTERMODA JOYOBOYO PADA TATANAN NORMAL BARU

Widigda, Kemal Arya (2021) KAJIAN PREFERENSI PENGGUNA PARK AND RIDE TERMINAL INTERMODA JOYOBOYO PADA TATANAN NORMAL BARU. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211740000061_UNDERGRADUATE THESIS.pdf] Text
08211740000061_UNDERGRADUATE THESIS.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB)

Abstract

Park and Ride merupakan sistem parkir yang menggunakan fasilitas ruang parkir dengan memarkirkan kendaraan pribadi, setelah itu beralih ke moda transportasi umum. Tujuan Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo diperuntukkan memudahkan masyarakat untuk beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum, sehingga penggunaan transportasi pribadi dan kemacetan bisa dikurangi. Pada awal pembukaan Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo di bulan Desember tahun 2019 mecapai penggunaan sebesar 1416 kendaraan roda 4 dan 727 kendaraan roda 2. Potensi alih moda pada Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo semakin berkurang dengan adanya pandemi COVID-19. Oleh karena itu, perlunya kajian preferensi pengguna park and ride pada tatanan normal baru sebagai penunjang fasilitas peralihan moda transportasi pribadi ke transportasi umum.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis Conjoint dan Crosstab. Analisis Conjoint digunakan untuk menunjukkan atribut yang diharapkan pengguna Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo serta tingkat kepentingannya pada tatanan normal baru. Selajutnya, analisis Crosstab digunakan untuk melihat pengaruh karakteristik sosio-ekonomi dan pola perjalanan terhadap pemilihan kombinasi atribut.
Berdasarkan hasil analisis Conjoint menunjukkan bahwa preferensi yang diharapkan pengguna Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo adalah biaya progresif, kemudahan ditingkatkan, kenyamanan ditingkatkan, keamanan ditingkatkan, menerapkan seluruh protokol kesehatan, mengurangi daya tampung moda transportasi dan pembayaran tunai. Adapun tingkat kepentingan atribut menurut preferensi pengguna secara berurutan adalah Biaya (42.878%), Kenyamanan (18.171%), Sistem Pembayaran (10.168%), Kemudahan (10.139%), Protokol kesehatan (7.473%), Keamanan (5.678%) dan Daya Tampung (5.493%). Kombinasi pilihan atribut Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo memiliki keterkaitan signifikan dengan karakteristik sosio-ekonomi pengguna serta pola perjalanannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Park And Ride, Covid-19, Tatanan Normal Baru, Conjoint, Crosstab ==========================================================Park And Ride, Covid-19, New Normal Era, Conjoint, Crosstab
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kemal Arya Widigda
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:46
Last Modified: 19 Aug 2021 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87372

Actions (login required)

View Item View Item