Analisis Faktor Kemudahan, Kebermanfaatan, Inovatif Dan Pengaruh Sosial Untuk Meningkatkan Intensi Penggunaan Mobile Learning Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Pahamify)

Putri, Shalma Rachmayani (2021) Analisis Faktor Kemudahan, Kebermanfaatan, Inovatif Dan Pengaruh Sosial Untuk Meningkatkan Intensi Penggunaan Mobile Learning Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Pahamify). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000137-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000137-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Mobile learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan perangkat mobile dan jaringan mobile. Pemanfaatan m-learning pada proses pembelajaran pun diyakini mampu untuk meningkatkan prestasi dan kualitas siswa. Popularitas dari m-learning sebagian besar disebabkan oleh biaya yang rendah serta memungkinkan pengguna untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Sehingga muncul kebutuhan untuk memeriksa faktor yang berkaitan dengan intensi pengguna dalam menggunakan m-learning.

Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah penyedia layanan Pahamify sebagai salah satu platform m-learning baru di Indonesia perlu meningkatkan intensi penggunanya dalam menggunakan m-learning. Hal ini dikarenakan tingkat penggunaan Pahamify masih terbilang cukup rendah serta kondisi persaingan pasar yang semakin ketat karena telah terdapat beberapa penyedia layanan m-learning lainnya. Oleh karena itu dilakukan pengukuran terhadap faktor kemudahan, kebermanfaatan, inovatif dan pengaruh sosial yang signifikan terhadap intensi pengguna dalam menggunakan m-learning.

Tujuan: Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis hubungan struktural atas pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, inovatif, dan pengaruh sosial terhadap intensi pengguna dalam menggunakan m-learning dan memberikan saran untuk pihak Pahamify dalam pengembangan layanan m-learning kedepannya berdasarkan faktor yang berpengaruh secara signifikan serta memberikan rekomendasi terkait penambahan variabel lain yang dapat berpengaruh dalam memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan m-learning berdasarkan studi literatur.
Metode: Analisis dan pengujian dalam penelitian tugas akhir ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan mengadopsi Technologi Acceptance Model (TAM) sebagai model dasar. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada minimal 200 responden. Kuesioner disebarkan secara daring kepada pengguna m-learning Pahamify melalui media sosial seperti Twitter, Instagram, Line dan Whatsapp.

Hasil: Hasil dalam penelitian ini adalah faktor yang memengaruhi intensi pengguna pada layanan m-learning, yaitu faktor Perceived Ease of Use (PEOU) yang memberikan pengaruh sebesar 0,95, Personal Innovativeness in Information Technology (PIIT) yang memberikan pengaruh sebesar 0,39 dan Social Influences (SI) yang memberikan pengaruh sebesar 0,17. Selain itu, diberikan rekomendasi kepada penyedia layanan Pahamify berdasarkan identifikasi faktor yang memengaruhi peningkatan intensi penggunaan layanan m-learning, serta memberikan usulan penambahan variabel trust dan learning attitude sebagai saran untuk penelitian selanjutnya.

Nilai Tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu penyedia layanan m-learning dalam mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan m-learning serta memberikan rekomendasi kepada penyedia layanan m-learning untuk dapat terus meningkatkan intensi penggunanya.

=================================================================================================

Context: Mobile learning is learning that is carried out by utilizing mobile devices and mobile networks. The use of m-learning in the learning process is also believed to be able to improve student achievement and quality. The popularity of m-learning is largely due to its low cost and allowing users to learn anywhere and anytime. So there is a need to examine factors related to user intentions in using m-learning.

Problem: The problem faced is that the Pahamify service provider as one of the new m-learning platforms in Indonesia needs to increase the user's intention to use m-learning. This is because the level of use of Pahamify is still quite low and the conditions of market competition are getting tighter because there are several other m-learning service providers. Therefore, measurements were made on the factors of convenience, usefulness, innovation and significant social influence on user intentions in using m-learning.

Purpose: This final project research aims to analyze the structural relationship on the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, innovativeness, and social influence on user intentions to use m-learning, provide suggestions for Pahamify in developing m-learning services in the future based on factors that significantly influence and provide recommendations regarding the addition of other variables that can influence the user's intention to use m-learning based on the literature study.

Methods: Analysis and testing in this final project research uses the Structural Equation Modeling (SEM) method by adopting the Technological Acceptance Model (TAM) as the basic model. Data were collected by distributing questionnaires to at least 200 respondents. The questionnaire was distributed online to Pahamify m-learning users via social media such as Twitter, Instagram, Line and Whatsapp.

Results: The results in this study are factors that influence user intentions on m-learning services, namely the Perceived Ease of Use (PEOU) factor which has an influence of 0.95, Personal Innovativeness in Information Technology (PIIT) which has an influence of 0.39 and Social Influences (SI) which gives an effect of 0.17. In addition, recommendations are given to increase the factors that have a significant influence as well as the addition of trust and learning attitude variables as suggestions for further research.

Added Value: This research is useful to assist m-learning service providers in identifying the factors that can influence users' intentions to use m-learning and provide recommendations to m-learning service providers to be able to continue to increase user intentions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensi Pengguna, Structural Equation Modeling, Mobile Learning, User Intention, Pahamify
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Shalma Rachmayani Putri
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:00
Last Modified: 19 Aug 2021 06:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87634

Actions (login required)

View Item View Item