Pemodelan Sistem Kontrol untuk Menjaga Jarak Aman Dua Kapal Patroli saat Manuver Zig-Zag

Fajriyah, Hijriyatul (2021) Pemodelan Sistem Kontrol untuk Menjaga Jarak Aman Dua Kapal Patroli saat Manuver Zig-Zag. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311740000004-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02311740000004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bidang pertahanan dan keamanan di perairan Indonesia dilakukan oleh TNI-AL dengan beberapa
sarana yang dimiliki salah satunya adalah kapal patrol. Salah satu fungsi dari kapal patrol adalah
melakukan pengejaran terhadap kapal musuh, dengan bermanuver tertentu. Pengejaran dilakukan
oleh lebih dari 1 kapal, dan diatur bahwa sepanjang pengejaran diatur agar jarak antar dua kapal yang
mengejar adalah dalam jarak aman, sehingga risiko terjadinya tabrakan antar kapal dapat dilakukan
dengan scenario system control manuver. Penelitian Tugas Akhir ini mengusulkan rancangan sistem
kontrol autopilot untuk kapal cepat berbasis Logika Fuzzy tipe-1 Sugeno supaya mampu menjaga
jarak aman dengan kapal cepat lainnya. Model kapal cepat didekati dengan model Nomoto orde 2,
yang dibentuk sesuai dengan spesifikasi kapal. Perancangan dilakukan dengan simulasi computer
dan dengan bantuan perangkat lunak Matlab. Simulasi dilakukan dengan kondisi ada maupun tanpa
gangguan gelombang dengan ketinggian 1.25 meter, dan dengan gerakan kapal bermanuver zig-zag.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa perancangan sistem kontrol autopilot kapal dengan
menggunakan logika fuzzy mampu menjaga jarak aman antara kedua kapal. Jarak antara dua kapal
untuk simulasi tanpa gangguan adalah sebesar 127.95 meter, sementara ketika diberi gangguan
gelombang 1.25 meter didapatkan jarak antara kedua kapal adalah sebesar 142.10 meter.
======================================================================================================
The defense and security sector in Indonesian waters is carried out by the TNI-AL with several
facilities, one of those is a patrol boat. One of the functions of patrol boats is to pursue enemy ships,
with certain maneuvers. The pursuit is carried out by more than 1 ship, and throughout the chase it
is arranged that the distance between the two chasing ships is in the safe distance, so that the risk of
collisions between ships can be carried out with a maneuver control system scenario. This final
project research proposes an autopilot control system design for fast boats based on Fuzzy Logic
type-1 Sugeno in order to be able to maintain a safe distance from other fast boats. The fast boat
model was approached with the Nomoto order 2 model, which was shaped according to the ship's
specifications. The design is done by computer simulation and with the help of Matlab software.
Simulations were carried out with or without wave disturbance with a height of 1.25 meters, and
with a zig-zag maneuver of the ship. The simulation results show that the design of the boat's
autopilot control system using fuzzy logic is able to maintain a safe distance between the two boats.
The distance between the two ships for simulation without wave disturbance is 127.95 meters, while
when given a wave disturbance of 1.25 meters, the distance between the two boats is 142.10 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jarak Aman, Kapal Cepat, Logika Fuzzy, Sugeno, Zig-Zag, Safe Distance, Fast Boat, Fuzzy Logic
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hijriyatul Fajriyah
Date Deposited: 21 Aug 2021 13:53
Last Modified: 21 Aug 2021 13:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87757

Actions (login required)

View Item View Item