Pemodelan Kanal UWB WBAN pada Kluster "on-Body" untuk Berbagai Skenario dalam Ruangan

Ghifari, Achmad Fatchur (2021) Pemodelan Kanal UWB WBAN pada Kluster "on-Body" untuk Berbagai Skenario dalam Ruangan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111740000024_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111740000024_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi wireless body area network (WBAN) merupakan teknologi yang potensial dalam dunia kesehatan, monitoring kondisi tubuh, olahraga dan lain-lain. WBAN merupakan komunikasi dengan perangkat berdaya rendah yang dapat dioperasikan di dalam atau sekitar tubuh manusia. Berdasarkan pengaplikasiannya ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja komunikasi WBAN baik dari frekuensi kerja, ukuran tubuh manusia hingga lingkungan sekitar yang dijadikan tempat dalam komunikasi WBAN.
Pada penelitian ini dilakukan pengukuran dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kanal UWB WBAN pada komunikasi “on-body” untuk skenario ruangan yang berbeda-beda, yaitu ruangan dengan ukuran kecil, medium dan besar. Pengukuran dilakukan pada frekuensi 3.1 GHz – 4.6 GHz dengan jalur komunikasi dada to perut, tangan to perut dan punggung to perut. Pada penelitian ini menggunakan instrumen vector network analyzer sebagai alat ukur untuk mendapatkan respon magnitudo dan phase. Dari data tersebut dapat diperoleh respon impuls kanal dengan domain waktu yang dapat diolah menjadi nilai power delay profile (PDP), nilai PDP digunakan untuk mendapatkan parameter statistik delay.
Dari analisis data didapatkan bahwa pada komunikasi dada to perut dan tangan to perut delay yang didapat pada seluruh skenario dan ruangan cenderung tetap antara 38 nS – 41 nS. Sedangkan pada komunikasi punggung to perut nilai delay bervariasi karena dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar nilai delay pada komunikasi tersebut memiliki nilai lebih besar dibandingkan dengan komunikasi lainnya pada beberapa posisi yang mempunyai jalur multipath.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wireless Body Area Network, On-body, Respon Impuls Kanal, Power Delay profile
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Fatchur Ghifari
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:26
Last Modified: 20 Aug 2021 05:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87878

Actions (login required)

View Item View Item