RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI TATA USAHA TEKNIK INFORMATIKA ITS UNTUK MODUL MANAJEMEN KEUANGAN BERBASIS INCREMENTAL RENDERING VIEW MENGGUNAKAN WINDOWS WORKFLOW FOUNDATION

HIDAYAT, FAJAR (2014) RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI TATA USAHA TEKNIK INFORMATIKA ITS UNTUK MODUL MANAJEMEN KEUANGAN BERBASIS INCREMENTAL RENDERING VIEW MENGGUNAKAN WINDOWS WORKFLOW FOUNDATION. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA.

[img]
Preview
Text
5109100205-abstract.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5109100205-conclusion.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img] Text
5109100205-undergraduate thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bagian tata usaha merupakan pihak yang mempunyai peran penting dalam melakukan pendataan berkaitan masalah penilaian kinerja pegawai, honorarium sampai dengan perjalanan dinas. Bagian Tata Usaha Teknik Informatika ITS merupakan salah satu studi kasus yang menangani proses bisnis bagian administrasi. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ketergantungan pemakaian kertas untuk pencatatan data dan pelaporan masih sangat tinggi. Workflow merupakan sebuah teknologi dari Microsoft yang menyediakan sebuah Application Programming Interface (API), workflow engine, dan designer untuk mengimplementasikan proses yang berkepanjangan sebagai sebuah aliran kerja dalam aplikasi berbasis .NET. Dengan menggunakan konsep workflow, struktur dari proses bisnis dapat dengan mudah dimodifikasi. Ditambah dengan teknologi Rich Internet Application (RIA), aplikasi web didesain dengan pendekatan aplikasi desktop, mengedepankan kecepatan akses, user friendly, dan interaktif. Sehingga jika suatu saat aplikasi membutuhkan perubahan pada proses bisnis, dapat dilakukan perubahan dengan mudah (fully customized/generic). Ajax sebagai teknologi yang menerapkan basis incremental rendering view, akan mengunduh halaman web secara parsial, dan menampilkannya secara parsial pula. API jQuery merupakan salah satu teknologi untuk membangun aplikasi web yang berbasiskan Ajax serta menerapkan teknologi RIA. Sistem Informasi Tata Usaha (SITU) dirancang sesuai dengan penerapan teknologi RIA untuk bisa menjadi sistem yang mudah digunakan oleh pengguna. SITU juga dirancang untuk bisa mengurangi pengurangan penggunaan kertas dengan memberikan dokumentasi dan pelaporan data yang handal. Diterapkan juga pada SITU tampilan metro style sebagai alternatif design interface yang menyuguhkan tampilan sederhana, dan user friendly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Hid r
Uncontrolled Keywords: ASP.NET, incremental rendering view, jQuery, MVC, sistem informasi tata usaha, SITU, workflow.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:51
Last Modified: 30 Nov 2016 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item