Perancangan Pengaturan Torsi Langsung Pada Motor Induksi 3 Fasa Rotor Luar In-Wheel berbasis PID MRAC Untuk Kasus Akselerasi

Putra, Raditya Pratama (2021) Perancangan Pengaturan Torsi Langsung Pada Motor Induksi 3 Fasa Rotor Luar In-Wheel berbasis PID MRAC Untuk Kasus Akselerasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111740000086_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111740000086_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan salah satu aspek kehidupan manusia yang tidak bisa dilepaskan, dan mobil merupakan salah satu transportasi yang kerap digunakan oleh masyarakat, tanpa terkecuali di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah mobil pribadi sejak tahun 2016 hingga tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 12,75%. Seiring dengan peningkatan jumlah mobil, tentu akan timbul beberapa permasalahan seperti polusi yang dihasilkan dan juga sumber bahan bakar yang terbatas. Mobil listrik merupakan salah satu penyelesaian dari permasalahan-permasalahan tersebut dimana tidak ada polusi yang dihasilkan dan tidak menggunakan bahan bakar minyak. Mobil listrik menggunakan motor listrik sebagai penggerak, salah satu motor listrik yang sering digunakan adalah motor induksi 3 fasa rotor luar. Dikarenakan sifat motor induksi yang non-linier, diperlukan suatu mekanisme pengaturan. Direct Torque Control atau DTC merupakan salah satu metode yang kerap digunakan. DTC dari motor induksi 3 fasa in-wheel ini nantinya akan diterapkan pada mobil listrik, namun kondisi jalan yang berubah-ubah tentu akan mengakibatkan perubahan parameter motor dan juga parameter beban. Oleh karena itu dibutuhkan suatu mekanisme adaptasi, dan pada tugas akhir ini akan digunakan metode berbasis PID MRAC.
=================================================================================================
Transportation is one of the key aspects in human life. Humans use car as a method for transportation. According to Central Bureau of Statistics Republic of Indonesia, the number of cars in 2016 to 2018 increased by 12.75%. As the number of cars increased, problems such as polution and limited fossil fuel usage starts to emerge at an alarming rate. The use of electric vehicle or electric car can solve those problems as there are no emission and it doesn’t use fossil fuel as the source of energy. Electric car uses electric motors as drives, such as outer rotor 3 phase induction motor. Due to the non-linearity of induction motor, a control method is used. Direct Torque Control or DTC is often used as a control method for induction motors. Because of various road condition leads to motor and load parameter changes, an adaptation mechanism is added to the DTC. In this final project, PID MRAC based DTC is used to control the 3-phase outer-rotor in-wheel induction motor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motor Induksi 3 Fasa, In-wheel, Mobil Listrik, DTC, PID MRAC, 3 Phase Induction Motor, In-Wheel, Electric Car, DTC, PID MRAC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putra Raditya Pratama
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:55
Last Modified: 25 Aug 2021 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87991

Actions (login required)

View Item View Item