Perancangan Sistem Pakar Untuk Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Pada Balita

Arwan, Muhammad Azhar (2021) Perancangan Sistem Pakar Untuk Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Pada Balita. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740007007-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211740007007-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masa balita merupakan masa terpenting dalam perkembangan anak. Untuk memastikan balita dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan usianya, diperlukan pengawasan dari berbagai aspek perkembangan. Aspek perkembangan tersebut diantaranya adalah aspek motorik kasar, motorik halus bicara serta sosialisasi dan kemandirian. Pengawasan tersebut dilakukan sebagai langkah deteksi dini untuk menemukan adanya gangguan dalam perkembangan balita. Deteksi dini gangguan perkembangan pada balita sangat diperlukan agar orang tua dapat menentukan stimulasi dan intervensi yang tepat sejak dini untuk mencegah dan mengatasi gangguan tersebut. Karena jika gangguan tersebut terlambat diidentifikasi, stimulasi akan semakin sulit untuk dilakukan dan bisa berdampak buruk terhadap perkembangan anak ke depannya nanti. Berdasarkan hal tersebut, pada tugas akhir ini dibuatlah sebuah sistem pakar untuk membantu tenaga kesehatan dan para orang tua dalam mengawasi proses perkembangan balita. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pakar deteksi dini gangguan perkembangan pada balita menggunakan metode forward chaining dan backward chaining. Pengetahuan yang dimasukkan dalam sistem pakar ini bersumber dari pakar Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dan buku panduan SDIDTK. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Untuk mendeteksi gangguan dalam perkembangan balita, input yang diperlukan oleh sistem ini adalah fakta – fakta penting dalam perkembangan balita terkait. Selanjutnya, fakta tersebut akan diproses berdasarkan pengetahuan pakar dan menghasilkan output berupa status perkembangan balita dengan memanfaatkan metode forward chaining. Jika, tidak terdapat gangguan yang signifikan dalam perkembangan balita tersebut, maka perkembangan bisa dikatakan sesuai. Namun, jika ternyata terdeteksi gangguan perkembangan, sistem memanfaatkan metode backward chaining untuk bisa memberikan intervensi yang tepat serta saran yang relevan agar balita dapat mengatasi gangguan tersebut sesuai dengan usia perkembangannya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pakar deteksi dini gangguan perkembangan pada balita yang mampu mendeteksi adanya gangguan perkembangan serta memberikan saran bagaimana cara menanganinya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu tenaga kesehatan dan orang tua dengan memberikan informasi yang relevan terkait deteksi gangguan perkembangan pada balita serta saran yang tepat sesuai dengan usianya.
======================================================================================================
Infancy is the most important period in child development. To ensure that toddlers can develop optimally according to their age, supervision from various aspects of development is needed. These developmental aspects include aspects of gross motoric, fine motoric speech as well as socialization and independence. The supervision is carried out as an early detection step to find any disturbances in the development of toddlers. Early detection of developmental disorders in toddlers is very necessary so that parents can determine the right stimulation and intervention from an early age to prevent and overcome these disorders. Because if the disorder is identified too late, intervention is increasingly difficult to carry out and can have a negative impact on the child's development in the future. Based on this, in this final project an expert system was created to assist health workers and parents in supervising the development process of toddlers. This study aims to design an expert system for early detection of developmental disorders in toddlers using forward chaining and backward chaining methods. The knowledge included in this expert system is sourced from experts on Early Growth Stimulation, Detection and Intervention (SDIDTK) and SDIDTK guidebooks. The research instrument used in this study was the Developmental Pre-Screening Questionnaire (KPSP). To detect disorders in toddler development, the input needed by this system is important facts in the related toddler development. Furthermore, these facts will be processed based on expert knowledge and produce output in the form of toddler development status by utilizing the forward chaining method. If, there is no significant disturbance in the growth and development of the toddler, then the development can be said to be appropriate. However, if a developmental disorder is detected, the system utilizes the backward chaining method to be able to provide relevant advice so that toddlers can overcome the disorder according to their developmental age. The final result of this study is an expert system for early detection of developmental disorders in toddlers that is able to detect developmental disorders and provide advice on how to deal with them. The results of this study are expected to be able to help health workers and parents by providing relevant information regarding the detection of developmental disorders in toddlers and appropriate advice according to their age.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perkembangan balita, sistem pakar, forward chaining, backward chaining, children development, expert systems, forward chaining, backward chaining.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Azhar Arwan
Date Deposited: 20 Aug 2021 13:52
Last Modified: 14 Oct 2024 06:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88089

Actions (login required)

View Item View Item