Optimasi Proses Kalsinasi Pada Pabrik Semen

Udzma, Nuril and Nabilah, Nur (2021) Optimasi Proses Kalsinasi Pada Pabrik Semen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10411710000037_10411710000066-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
10411710000037_10411710000066-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi infrastruktur memegang peranan penting dalam pembangunan nasional. Untuk terus melakukan perkembangan pembangunan nasional, diperlukan material penunjang yaitu semen (Portland Cement). Untuk konstruksi bangunan, semen adalah bahan yang digunakan untuk mengikat bahan seperti batu, pasir, batu bata, dan sebagainya. Saat ini industri semen di Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat dalam produksi semen. Dalam perancangan pabrik semen ini akan digunakan proses kering dalam proses produksinya. Proses kering ini dipilih karena lebih ekonomis dibandingkan proses produksi semen lainnya. Proses kering membutuhkan kalor yang tidak terlalu besar karena pengeringan dan peanasan bahan baku terjadi di luar rotary kiln, yaitu pada suspension prehater sehingga ukuran rotary kiln dapat dikurangi dan juga menurunkan biaya produksi untuk pembakaran. Pabrik semen ini akan dibangun di Tuban, Jawa Timur. Proses pembuatan semen ini melalui beberapa tahapan proses, yaitu proses penyiapan bahan baku, proses penggilingan awal, proses pembakaran, proses penggilingan akhir, dan proses pengemasan. Efisiensi dan optimasi proses yang akan dilakukan adalah gas hasil pembakaran di rotary kiln yang akan didistribusikan sebagai supplai pemanas di suspension preheater dan supplai pengering di raw mill. Distribusi ini menghemat penggunaan udara di raw mill. Panas yang awalnya hanya didistribusikan di suspension preheater dan menghasilkan gas buang yang besar, akan dioptimalkan penggunaannya di raw mill sehingga panas gas hasil pembakaran di kiln akan termanfaatkan sepenuhnya.
======================================================================================================
The growth of infrastructure technology plays an important role in national construction. To keep doing the growth of of national construction, the cement is needed. Cement is used as support material to bind rocks, sand, bricks, etc. The cement industry is rapidly grow in Indonesia nowadays. In this planning, the dry process is used since it has many benefits towards other. The dry process needs less calor as it’s drying and heating occurs outside the rotary kiln, yet in suspension preheater so the size of rotary kiln can be decreased and cut off the heating cost. This cement factory is about to build in Tuban, East Java. the cement production process consist of raw material preparation, raw mill, burning, finish mill, and packing. The efficiency and optimization process is about distributing the gas residue of burning process in rotary kiln. This gas will be used as the heat supply in suspension preheater and drying process in raw mill. The heat supply is distributed over these instead of dispense it into the environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: semen, rotary kiln, preheater, raw mill. cement, preheater, raw mill, rotary kiln
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3656 Inspection. Factory inspection
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Vocational > 24305-Industrial Chemical Engineering
Depositing User: Nur Nabilah
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:13
Last Modified: 19 Aug 2021 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88173

Actions (login required)

View Item View Item