Nugroho, Aryo (2021) Klasifikasi Intensitas Interaksi Dalam Kampanye Pemenangan Di Media Sosial. Doctoral thesis, ITS.
Text
Disertasi_AryoNugroho_Perpus.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
07111460010003-Dissertation.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (2MB) |
Abstract
Kampanye di media sosial telah menjadi ajang yang menarik bagi para tokoh politik. Persaingan terjadi dengan membuat berbagai konten yang menarik para pendukung untuk menjadi pengikut (follower) dari suatu akun kampanye. Interaksi antar pengikut dan tokohnya merupakan target dari tim kampanye. Sekaligus akan menimbulkan reaksi dalam jumlah tertentu yang dikenal sebagai intensitas interaksi. Selama ini tim kampanye harus berusaha membuat konten sebanyaknya sebagai tolok ukur kesuksesan kampanye. Namun tim kampanye belum memiliki standar yang terukur sebagai tingkat keberhasilan kampanye di media sosial. Beberapa penelitian terkait sebelumnya lebih banyak berfokus kepada analisis sentiment, konten dan analisis perilaku. Sehingga fenomena ini menginspirasi untuk membangun sebuah panduan dalam mengukur keberhasilan kampanye di media sosial. Penelitian ini dimulai dari mengumpulkan data intensitas interaksi kampanye di media sosial Twitter. Data yang dikumpulkan berasal dari satu akun kegiatan kampanye di Indonesia dan tiga akun kampanye di Amerika. Selanjutnya dilakukan proses persiapan untuk menjadi dataset yang telah dilengkapi label. Setelah dataset disiapkan maka dilakukan proses klasifikasi. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayes dan k Nearest Neighbor (kNN) yang kemudian diperbaiki dengan Naïve Bayes Kernel Estimator dan Distance Weight kNN (DWkNN). Penggunaan metode Distance Weight kNN mampu menunjukkan akurasi terbaik sebesar 100% pada pelatihan dan 99,89% pada pengujian. Kontribusi penelitian ini adalah mendapatkan empat dataset kampanye politik. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa DWkNN mampu digunakan sebagai metode klasifikasi dalam mengukur keberhasilan kampanye di media sosial.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7888.3 Digital computers |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis |
Depositing User: | Aryo Nugroho |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 03:42 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 03:42 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/88264 |
Actions (login required)
View Item |