Pengaruh Strategi Pergeseran Waktu Perjalanan Berdasarkan Preferensi Pelaku Perjalana Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang

Bachrun, Varian Alamsyach (2021) Pengaruh Strategi Pergeseran Waktu Perjalanan Berdasarkan Preferensi Pelaku Perjalana Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211740000055-Undergraduate_Theses.pdf] Text
08211740000055-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang merupakan salah satu kawasan yang memiliki guna lahan campuran di Kota Malang yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi utamanya pada jam-jam puncak pagi dan sore hari dimana para pelaku kegiatan pada kawasan tersebut. Dari permasalahan tersebut timbul rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan strategi TDM pergeseran waktu yang sesuai dengan preferensi pelaku pergerakan berdasarkan jenis kegiatan untuk meningkatkan tingkat pelayanan jalan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi TDM pergeseran waktu yang dipilih oleh pelaku pergerakan terhadap tingkat pelayanan jalan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang.
Pada penelitian kali bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pergeseran waktu tersebut terhadap tingkat pelayanan jalan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Untuk itu maka perlu dilakukan beberapa tahap. Tahap pertama adalah mengetahui karakteristik tarikan dan bangkitan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang yang meliputi karakteristik pelaku pergerakan, besaran tarikan dan bangkitan guna lahan, serta mengidentifikasi guna lahan mana saja yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pelayanan jalan. Setelah itu tahap selanjutnya adalah mencari tahu tingkat pelayanan jalan eksisting pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Setelah itu mengumpulkan pendapat pelaku pergerakan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang guna mengetahui preferensi mereka terhadap strategi manajemen kebutuhan transportas berbasis pergeseran waktu yang nantinya pada tahap terakhir hasil dari preferensi tersebut akan disimulasikan sebagai besaran volume pergerakan yang berubah akibat diterapkannya strategi manajemen kebutuhan transportasi berbasis pegeseran waktu yang akan mempengaruhi tingkat pelayanan jalan.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa hanya penggunaan lahan perdagangan dan jasa serta fasilitas pendidikan saja yang berpengaruh signifikan terhadap volume pergerakan pada Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Dengan berbagai strategi TDM pergeseran waktu seperti flextime, staggered shift, pembatasan waktu berkendara, compressed week, dan telecommuting yang dipilih oleh pelaku perjalanan yang dapat diketahui bahwa berpengaruh terhadap tingkat pelayanan jalan terutama pada jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari
=====================================================================================================
The Soekarno-Hatta area of Malang City is one of the areas that have mixed land use in Malang City which has a fairly high level of traffic density, especially during peak hours in the morning and evening where the perpetrators of activities in the area. From these problems, the formulation of the problem arises, namely how to apply the time shift TDM strategy in accordance with the preferences of movement actors based on the type of activity to increase the level of service in the Soekarno-Hatta area of Malang City. This study aims to determine the effect of the time shift TDM strategy chosen by the perpetrators of the movement on the level of road service in the Soekarno-Hatta area of Malang City.
This study aims to determine how much influence the time shift has on the level of service in the Soekarno-Hatta area of Malang City. For this, several steps need to be taken. The first stage is to find out the characteristics of attraction and generation in the Soekarno-Hatta area of Malang City which includes the characteristics of the movement actors, the magnitude of the attraction and generation of land use, and identify which land uses have a significant effect on the level of service. After that, the next step is to find out the level of service of the existing road in the Soekarno-Hatta area of Malang City. After that collect the opinions of movement actors in the Soekarno-Hatta area of Malang City to find out their preferences for time shift-based transportation needs management strategies which later in the last stage the results of these preferences will be simulated as the amount of movement volume changes due to the implementation of shift-based transportation needs management strategies. time that will affect the level of service.
Based on the results of the analysis, it can be seen that only the use of land for trade and services and educational facilities has a significant effect on the volume of movement in the Soekarno-Hatta area of Malang City. With various time shift TDM strategies such as flextime, staggerd shift, driving time restrictions, compressed weeks, and telecommuting chosen by travellers, it can be seen that they affect the level of service, especially during peak hours in the morning and evening.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pergeseran waktu, tingkat pelayanan jalan, Manajemen Kebutuhan Transportasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Varian Alamsyach Bachrun
Date Deposited: 21 Aug 2021 13:57
Last Modified: 21 Aug 2021 13:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88274

Actions (login required)

View Item View Item