Perancangan Sistem Kendali Kecepatan dan Arah Kapal untuk Menghindari Tabrakan Berbasis Sistem Logika Fuzzy Tipe 2 pada Kondisi “Kepadatan Lalu Lintas”: Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Mentari, Shiang Ni Putri (2021) Perancangan Sistem Kendali Kecepatan dan Arah Kapal untuk Menghindari Tabrakan Berbasis Sistem Logika Fuzzy Tipe 2 pada Kondisi “Kepadatan Lalu Lintas”: Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311740000027_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02311740000027_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menduduki peringkat kedua sebagai pelabuhan tersibuk di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan kepadatan lalu lintas laut di wilayah Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) yang menjadi pintu masuk menuju Pelabuhan Tanjung Perak. Tingkat kepadatan lalu lintas kapal yang tinggi tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan seperti terjadinya tabrakan kapal. Penelitian ini merupakan pengembangan dalam perancangan sistem kendali kecepatan dan arah kapal pada kondisi kepadatan lalu lintas di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal sebagai objek penelitian adalah kapal penumpang Legundi. Perancangan sistem kendali untuk menghindari tabrakan kapal, dilakukan dengan merancang dua sistem kendali, yaitu pengendalian terhadap arah dan kecepatan kapal. Sistem kendali menggunakan logika fuzzy tipe 2 metode Sugeno. Sistem kendali kecepatan bekerja berdasarkan 2 variabel masukan yaitu nilai DCPA dan TCPA, dan sistem kendali arah bekerja berdasarkan 2 variabel masukan yaitu error yaw dan yaw rate. Fungsi keanggotaan fuzzy pada dua sistem kendali tersebut trapesium-segitiga. Perancangan dilakukan dengan menggunakan simulasi computer dan bantuan Software Matlab2021a. Algoritma pada unit inference engine fuzzy diturunkan atas aturan COLREG nomor 15 sesuai IMO (International Maritime Organization). Hasil perancangan menunjukkan bahwa sistem kendali kecepatan dan arah kapal mampu menghindari tabrakan pada kondisi kepadatan lalu lintas. Kapal kendali dapat mempercepat kecepatannya dari 7 knot menjadi 9 knot serta mampu mengikuti lintasan desired dengan error lintasan maksimum sebesar 9 meter pada kondisi tanpa gangguan dan error lintasan maksimum sebesar 31 meter pada kondisi dengan gangguan arus.
=============================================================================================================
Tanjung Perak Surabaya Port is the second busiest port in Indonesia. This condition causes the sea traffic density in the Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) area where is the entrance to the Port of Tanjung Perak. A high level of ship traffic density causes ship collisions. This study is a development of a ship speed and heading control system to avoid ship collisions. The ship that used in this study is a passenger ship KMP Legundi. Control systems based on type 2 fuzzy logic controller using Sugeno method. The speed control system used two input variables that are DCPA and TCPA values. The direction control system also has two input variables, namely error yaw and yaw rate. Both control systems are designed in the form of a trapezoid-triangle membership function. Design of the system tested in a simulation using Matlab2021a Software. The algorithm on the fuzzy inference engine unit is derived from the COLREG rule number 15 according to the IMO (International Maritime Organization). The design results show that the ship's speed and direction control system is able to avoid collisions in traffic density conditions. The control ship can accelerate its speed from 7 knots to 9 knots and can follow the desired trajectory with a maximum position error is 9 meters without disturbance conditions than a maximum error in sea current disturbance conditions is 31 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anti Tabrakan Kapal, Kendali Logika Fuzzy Tipe 2, Sistem Kendali Arah dan Kecepatan Kapal, Tanjung Perak Surabaya, Anti-Collisions, Ship Speed and Heading Controller System, Type 2 Fuzzy Logic Controller
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: SHIANG NI PUTRI MENTARI
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:31
Last Modified: 19 Aug 2021 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88290

Actions (login required)

View Item View Item