Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Semarang - Demak Menggunakan Jenis Perkerasan Lentur

Alghazali, Muhammad Ilham (2021) Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Semarang - Demak Menggunakan Jenis Perkerasan Lentur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000013-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000013-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menjadi hal yang sangat penting bagi suatu negara yang sedang berkembang dimana pada saat lingkungan global dan regional tidak pasti yang berarti pertumbuhan ekonomi negatif. Maka salah satu cara untuk menjaga hal itu, peningkatan perekonomian harus mengacu pada domestik ekonomi. Seiring dengan meningkatnya perekonomian di Indonesia, khususnya wilayah Jawa Tengah, maka mobilitas atau pergerakan barang dan jasa semakin meningkat sehingga diperkirakan volume lalu lintas akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kondisi tersebut akan menyebabkan kemacetan lalu lintas akibat banyaknya volume kendaraan yang melewati suatu jalan sedangkan kapasitas jalan yang terbatas. Salah satu jalur yang sedang dalam proses pembangunan untuk mengatasi kemacetan yaitu adalah Jalan Tol Semarang – Demak yang merupakan salah satu Jalan Tol Trans Jawa yang merupakan program pemerintah yang menghubungkan kota kota yang ada di Jawa. Tujuan dibangun jalan tol ini yaitu untuk meminimalisir kemacetan yang berada di jalur pantura Semarang – Demak –Surabaya dan juga untuk menuju kota wisata yang berada di Demak yaitu Makam Sunan Kalijaga dan Masjid Agung Demak. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang perancangan ulang Jalan Tol Semarang – Demak menggunakan jenis perkerasan lentur yang kemudian dapat dirumuskan beberapa permasalahan serta tujuan perancangannya yaitu berupa bentuk geometriknya, tebal perkerasan, kebutuhan akan fasilitas perlengkapan jalan tol, saluran tepi (drainase), serta besarnya volume pekerjaan dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan. Analisa perancangan tersebut dimulai dari tahap persiapan, tinjauan pustaka, kemudian melakukan pengumpulan dan pengolahan data, selanjutnya tahap perancangan berupa perancangan geometrik yang meliputi perancangan alinyemen horisontal dan vertikal dan perancangan tebal perkerasan lentur, perancangan marka dan rambu lalu lintas berdasarkan Peraturan Menteri No. 13 tahun 2014 dan No.34 tahun 2014, perancangan saluran tepi jalan (drainase) serta perancangan anggaran biaya yang berdasarkan pada Harga Satuan Pokok Kerja (HSPK) Surabaya tahun 2020 dengan konversi yang mengacu pada Indeks Kemahalan Konstruksi Kota Semarang. Perancangan geometrik dan perhitungan volume bahan dan volume cut and fill pada tugas akhir ini dilakukan dengan bantuan software Autocad Civil 3D. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan didapatkan desain geometrik jalan menggunkanan tipe 4/2D dengan lebar jalur 7,2 m dengan lebar lajur 3,60 m. Dalam perancangan alinyemen horizontal didapatkan 15 tikungan dengan tipe Spiral-Circle-Spiral dan perancangan alinyemen vertikal sebanyak 45 PVI. Hasil trip assignment menggunakan metode smock didapatkan perpindahan kendaraan ke jalan rencana sebesar 53,33 %. Susunan lapis perkerasan lentur didapatkan lapis AC-WC dengan tebal 40 mm, lapis AC-WC dengan tebal 60 mm, lapis AC Base dengan tebal 160 mm, dan lapis LPA dengan tebal 300 mm. Perhitungan dimensi saluran dengan tipe saluran trapesium didapatkan 6 tipe saluran untuk dimensi saluran. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) berdasarkan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) didapatkan biaya sebesar Rp 854.708.103.208,74.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geometrik Jalan, Perkerasan Jalan, Perkerasan Lentur, Semarang, Demak, Toll Roads, Road Geometric, Road Pavement, Flexible Pavement, Semarang, Demak
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Ilham Alghazali
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:05
Last Modified: 13 Nov 2025 06:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88441

Actions (login required)

View Item View Item