Analisis Kepuasan Pengguna Myits Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Departemen Sistem Informasi ITS Menggunakan Model Delone Dan Mclean

Wicaksono, Andri (2021) Analisis Kepuasan Pengguna Myits Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Departemen Sistem Informasi ITS Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000052-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211540000052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah dan perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Sebelum pandemi Departemen Sistem Informasi (DSI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggunakan e-Learning sebagai penunjang proses pembelajaran. Namun sejak bulan Maret 2020, DSI menerapkan sistem pembelajaran online secara penuh sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran online selama hampir satu tahun ini perlu dievaluasi untuk mengetahui bagaimana kualitasnya sehingga dapat dilakukan peningkatan kedepannya.
Penelitian ini menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi yang dikemukakan oleh DeLone dan McLean pada sistem pembelajaran online yang diterapkan di DSI ITS selama pandemi Covid-19. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dan individual impact. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data secara survey. Jumlah sample yang dibutuhkan pada penelitian ini sebanyak 109 responden dari mahasiswa dan dosen. Proses analisis yang dilakukan pada penelitian ini ada dua, yaitu: analisis statistik deskriptif (uji validitas, uji reliabilitas dan uji multikolinearitas) menggunakan JASP serta analisis inferensial menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini adalah bahwa service quality, information quality, dan system quality dari sistem pembelajaran online yang digunakan di DSI ITS tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pengguna. Namun kepuasan mahasiswa dalam menggunakan sistem pembelajaran online di DSI ITS memberikan pengaruh/dampak individual bagi mahasiswa, yaitu peningkatan pengetahuan dan produktivitas dalam perkuliahan
===================================================================================================
The Covid-19 pandemic requires schools and colleges to conduct distance learning. Department of Information Systems (DoIS), Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS) has been used e-Learning to support the learning process before the pandemic. However, since March 2020, DoIS has implemented a full online learning system in accordance with a Circular from the Indonesian Minister of Education and Culture regarding the implementation of education during the Covid-19 emergency. The implementation of online learning for almost a year needs to be evaluated to find out how the quality is so that improvements can be made in the future.
This study uses the Information System Success Model proposed by DeLone and McLean on the online learning system implemented at DSI ITS during the Covid-19 pandemic. The variables used in this study are system quality, information quality, service quality, user satisfaction, and individual impact. The type of data used in this research is primary data with survey data collection methods. The number of samples in this study were 109 respondents from students and lecturers. There are two analytical processes carried out in this study, namely: descriptive statistical analysis (validity test, reliability test and multicollinearity test) using JASP and inferential analysis using Structural Equation Modeling (SEM).
The results of this study indicate that the service quality, information quality, and system quality of the online learning system used at DoIS ITS have no effect on student satisfaction as users. However, student satisfaction in using the online learning system at DoIS ITS provides individual influences/impacts for students, namely increasing knowledge and productivity in lectures.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem pembelajaran online, model DeLone dan McLean, kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna, individual impact online learning system, DeLone and McLean models, system quality, information quality, user satisfaction, individual impact
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andri Wicaksono
Date Deposited: 22 Aug 2021 09:40
Last Modified: 22 Aug 2021 09:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/88450

Actions (login required)

View Item View Item